Obat Sakit Tenggorokan Yang Ampuh, No Debat!

Fitri Tamara 0

 

Musim hujan telah datang, di bulan november hingga awal januari nanti akan banyak sekali hujan yang turun sehingga dapat memicu sakit-sakit yang sudah tidak umum lagi. Seperti sakit demam,masuk angin sehabis kehujanan,batuk-batuk dan sakit tenggorokan. Akan tetapi obat-obat yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit tersebut bisa dibilang ga begitu mahal, cukup memakai obat-obat yang alami tanpa bahan-bahan kimia, sebenarnya bisa saja. Namun kebiasaan orang-orang meminum obat-obat kimia yang berbahaya untuk menyembuhkan sakit secara instan dan tidak tau saja dampak negatifnya akan datang di masa depan.

Kali ini di artikel ini kita akan membagikan seputar obat-obatan alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang biasanya sering dialami orang-orang dikala musim hujan seperti sekarang ini.

 

Untuk pilihan obat sakit tenggorokan alami untuk sebuah Obat sakit tenggorokan yang ampuh. Ada beberapa macam obat sakit tenggorokan alami yang dianggap ampuh untuk meredakan atau mengatasi sakit tenggorokan, di antaranya:

Madu
Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi madu saat sakit tenggorokan bisa meredakan gejala lebih cepat tanpa menyebabkan efek samping. Cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan minumlah sesuai kebutuhan.

Air garam
Berkumur dengan air garam adalah cara yang efektif untuk membunuh bakteri, meringankan bengkak dan rasa sakit, serta mengurangi lendir. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat dan berkumurlah setiap tenggorokan terasa tidak nyaman.

Jus lemon
Lemon dapat meredakan rasa sakit dan mencairkan lendir yang kental dan membuat tenggorokan tidak nyaman. Selain itu, lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat mendukung kerja sistem imun untuk melawan penyebab sakit tenggorokan.
Anda dapat memanfaatkan lemon sebagai obat sakit tenggorokan dengan meminum 1 gelas air atau teh hangat dengan satu sendok teh perasan air lemon.

Bubuk cabai
Cabai mengandung capsaicin yang memiliki sifat pereda nyeri. Anda bisa memanfaatkan kandungan ini sebagai obat sakit tenggorokan dengan berkumur menggunakan 1 gelas air hangat yang dicampur dengan madu dan sedikit taburan cabai.

Balsem

Kondisi tenggorokan yang kering dapat membuat sakit tenggorokan semakin parah. Anda bisa memperbaiki kondisi ini dengan menggunakan pelembap udara saat sedang sakit tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan 1–2 sendok makan balsam gosok ke air yang digunakan dalam humidifier untuk melegakan pernapasan.

Teh Tawar Hangat

Teh dikenal sebagai minuman penenang atau minuman yang dapat melegakan segala sesuatu yang mampet di dalam tubuh. Berhubung sakit tenggorokan itu tercipta karena ada sesuatu yang mampet di dalamnya. Maka meminum Teh Tawar hangat dapat menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Jahe Hangat

Memang segala sesuatu yang berhubungan dengan sesak atau sakit karena ada yang mampet di dalam tubuh, jawaban terbaiknya adalah meminum yang hangat-hangat bukan yang dingin-dingin. Jahe terkenal akan khasiatnya seperti mencegah berbagai penyakit berbahaya. Baik jahe maupun serai, merupakan rempah yang kaya akan antioksidan. Maka dari itu ketika sakit tenggorokan meminum jahe dapat menjadi sebuah solusi terbaik, tetapi ingat minum lah jahe yang tidak dicampur susu melainkan jahe yang benar-benar murni jahe.

Selain itu, menjaga kesehatan secara menyeluruh, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air minum, dan berolahraga secara rutin, tidak lupa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari radang tenggorokan.

Kebanyakan radang tenggorokan memang tidak berbahaya, namun sering kali kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Makanya obat sakit tenggorokan seperti di atas yang kita bagikan bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi keluhan.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.