Menu Diet Bagi Penderita Maag

Menu Diet Bagi Penderita Maag

Kira-kira bagaimana sih cara diet sehat khususnya bagi penderita maag? Tak sedikit orang yang alami masalah kelebihan berat badan atau obesitas, bahkan bagi penderita maag sekalipun. Bagaimana hal ini tidak terjadi, diet bagi penderita sakit maag terkadang tak banyak yang membuahkan hasil, sebab asam lambung yang meningkat.

Oleh sebab itulah, diperlukan beberapa pengetahuan bagi para penderita sakit maag untuk segera melakukan diet sehat. Bagaimana pun program dietnya pasti akan mengubah pola makan seseorang, sehingga kemungkinan besar bagi para penderita sakit maag ini akan mengalami sedikit gangguan asam lambung, sebab kesulitan lambung di dalam beradaptasi.

So, untuk bisa menanamkan progran diet sehat bagi penderita sakit maag ini harus memperhatikan asupan dan pola makan. Supaya tidak semakin memperparah penderita sakit maag, khususnya pada saat mengkonsumsi makan makanan yang merangsang produksi asam lambung meningkat.

Memang ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita maag, seperti makan makanan pedas, gorengan, keju, kopi, durian, dan lain-lain. Ada baiknya penderita sakit maag ini dapat mengurangi konsumsi makan makanan tadi supaya sakit maagnya tidak kambuh.

Tips menu diet bagi penderita maag

Pola makan yang teratur

Diet bagi penderita maag yang pertama adalah mengatur jadwal atau pun pola makan yang lebih teratur. Walaupun pola makan teratur, akan tetapi porsi makannya pun juga harus dikurangi, supaya tidak menambah berat badan Anda. Khususnya untuk penderita sakit maag, ada baiknya makan dalam prosi yang sedikit setidaknya 3 jam sekali. Hal yang demikian ini berguna untuk mencegah penyakit maagnya kambuh lagi. So, usahakan supaya perut tidak kosong.

Hindarilah makanan berlemak dan pemicu sakit maag

Cara diet sehat bagi penderita maah berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi makan makanan yang berlemak dan juga beberapa makan makanan pemicu penyakit maag itu sendiri. Adapun makan makanan yang harus dihindari bagi penderita maag yang sedang berdiet adalah makanan pedas dan gorengan. Gorengan ini dipercaya bisa meningkatkan berat badan, sebab mengandung lemak jenuh. Sedangkan makanan pedas bisa memicu asam lambung khususnya bagi penderita sakit maag. Begitupun pada cokelat dan keju yang akan sulit sekali untuk bisa dicerna bagi pendeirta maag.

Mengurangi minuman bersoda dan kafein

Perlu Anda tahu bahwasannya minuman yang bersoda dan juga mengandung kafein ini ternyata bisa meningkatkan asam lambung pada penderita sakit maag. Oleh sebab itulah, buat Anda yang sedang menderita sakit maag ada baiknya segera mengurangi konsumsi minuman tersebut.

Demikianlah tadi informasi menu diet bagi penderita maag yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *