Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Obat Alami yang Sangat Menjanjikan

Romine Sofri 0
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Obat Alami yang Sangat Menjanjikan

Manfaat temulawak bagi kesehatan sangatlah beragam dan sudah terbukti sebagai pengobatan tradisional negeri China. Kegunaan tanaman ini bisa anda dapatkan dari yang asli maupun yang sudah menjadi krim. Meskipun demikian, beberapa orang masih kurang menyadari kegunaannya bagi kesehatan tubuh.

Tahukah anda apa itu temulawak? Merupakan tanaman asli Indonesia yang bentuknya menyerupai kunyit. Nama latin tanaman ini adalah Curcuma Xanthorrhiza, umumnya mempunyai bentuk silinder dengan diameter 6 cm. Awalnya, Curcuma Xanthorrhiza ini tumbuh hutan.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Obat Alami yang Sangat Menjanjikan
popmama.com

Beberapa Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan yang Harus Anda Perhatikan

Nyatanya rimpang tanaman ini mengandung kurkuminoid, pati, atsiri, lemak, selulosa, protein, dan mineral. Pati sendiri merupakan komponen yang terbesar dalam temulawak ini. Warnanya putih kekuning-kuningan karena memang mengandung kurkuminoid. Tidak hanya itu saja, akan tetapi ada tiga jenis zat aktif yakni Germakron, P-toluilmetilkarbinol, Turmeron, dan Seskuiterpen d-kamper.

Membantu Mengatasi Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan nyatanya sangat penting bagi tubuh. Nah, manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh adalah membantu pencernaan juga metabolisme makanan dalam tubuh. Sebuah studi Jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menyuruh semua pasien penderita peradangan usus guna mengkonsumsi temulawak pada setiap harinya.

Hasilnya adalah proses penyembuhan lebih cepat daripada yang tidak mengonsumsi tanaman ini. Tidak hanya itu saja, nyatanya tanaman dengan nama Curcuma Xanthorrhiza juga mampu mengatasi perut yang kembung, meningkatkan nafsu makan, dan membantu pencernaan yang tidak lancar.

Sebagai Obat Jerawat

Tentunya manfaat temulawak bagi kesehatan yang satu ini menjadi buruan anak-anak milenial. Hal ini karena tanaman ini memiliki sifat Astringent. Manfaatnya dapat mengurangi produksi minyak pada kelenjarnya.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga terdapat kandungan antiseptik yang dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri terjadinya penyebab jerawat.

Membantu Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit sendi degeneratif. Sendi-sendi akan merasa kaku dan sakit. Bukti mengenai hal ini adalah Journal of Alternative and Complementary Medicine yang menjelaskan bahwa efek Curcuma Xanthorrhiza hampir sama dengan Ibuprofen.

Antispasmodik

Minyak Curcuma Xanthorrhiza ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan yakni sebagai antispasmodik. Antispasmodik adalah golongan obat yang mempunyai sifat sebagai relaksan otot polos. Maksudnya adalah obat ini dapat merilekskan otot halus dan mencegah dari kejang.

Sebagai Obat Diuretik

Kemudian, manfaat temulawak bagi kesehatan adalah sebagai obat diuretik alami. Perlu anda ketahui bahwa diuretik adalah zat yang dapat membantu membersihkan tubuh dari natrium (garam) dan air. Dengan anda mengonsumsi, maka tidak akan terjadi penumpukan cairan dalam tubuh.

Zat ini juga dapat merangsang ginjal guna melepaskan lebih banyak natrium menuju urine. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga akan mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah. Tentunya pada proses ini juga akan mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker prostat juga termasuk dalam penyakit yang bahaya apabila tidak segera diatasi. Nah, dengan anda rutin mengkonsumsi Curcuma Xanthorrhiza, maka manfaat temulawak bagi kesehatan yang akan anda dapatkan adalah menghentikan pertumbuhan kanker berkat adanya antioksidan yang terkandung pada rimpang ini.

Sebagai Obat Antiradang

Dalam tanaman ini nyatanya juga mengandung senyawa anti radang yang dapat menghambat produksi Prostaglandin E2, pemicu peradangan. Nah, manfaat temulawak  yang akan anda dapatkan saat rutin mengkonsumsi Curcuma Xanthorrhiza ini adalah membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

Untuk anda yang belum mengetahui apa saja manfaat temulawak bagi kesehatan, beberapa penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan anda.

Tags: