Manfaat Sayur Kol dan Kandungan di Dalamnya

Fitri Tamara 0

Manfaat Sayur Kol dan Kandungan di Dalamnya – Kol, tentunya jenis sayuran yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia, kol sendiri merupakan jenis tanaman sayur berwarna hijau atau keunguan yang berdaun. Jenis sayuran yang satu ini sangat mirip dengan brokoli hanya saja sayur kol memiliki warna yang lebih pucat, sayuran yang satu ini juga masih termasuk ke dalam suku Brassicaceae. Jenis sayuran yang satu ini belum diketahui secara pasti sejarahnya, namun diperkirakan berasal dari kawasan benua Eropa.

Sayur kol sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan jenis sayuran ini di berbagai daerah di tanah air. Sayur kol juga biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai masakan seperti misalnya cap cai, sup, dan berbagai masakan lainnya. Sayur kol sendiri disukai oleh banyak orang karena rasanya yang lezat, selain itu ternyata sayur kol juga memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berikut ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Sayur Kol dan Kandungan di Dalamnya

  1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat pertama dari sayur kol adalah bisa membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah, hal ini disebabkan karena sayur kol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi yang terkandung di dalam sayur kol sendiri merupakan komponen yang akan mampu meningkatkan proses pembentukan sel darah merah sehingga hal ini akan mencegah dan mengobati anemia.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat kedua yang juga bisa Anda peroleh dari sayur kol adalah mampu untuk mencegah kanker yang mana dikarenakan buncis memiliki kandungan berbagai zat yang mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Zat ini memiliki fungsi untuk merangsang enzim yang bisa menahan laju pertumbuhan sel kanker yang mana sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian di China.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat ketiga yang bisa Anda dapatkan dari sayur kol adalah bisa untuk menurunkan berat badan, jenis sayuran yang satu ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat disarankan bagi penderita obesitas. Hal ini dikarenakan sayur kol memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun memiliki kadar kalori yang sangat rendah.

 

  1. Detoksifikasi Racun

Manfaat keempat yang juga dimiliki oleh sayur kol bagi kesehatan tubuh adalah mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau dikenal juga sebagai proses detoksifikasi. Sayur kol dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan sulfur yang mana akan berperan penting untuk membantu menghilangkan racun atau radikal bebas di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kelima yang juga bisa Anda dapatkan dari sayur kol adalah mampu menjaga kesehatan mata, sayur kol sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan beta karoten yang mana akan berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi sayur kol secara rutin juga akan mampu untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak dan lainnya.

Sayur kol merupakan jenis sayuran yang tentunya sudah sering Anda konsumsi yang mana ternyata memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com