Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Tubuh

Fitri Tamara 0

Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Tubuh – Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang masih termasuk dalam suku Brassicaceae, jenis sayuran yang satu ini berasal dari kawasan di sekitar Laut Tengah dan sudah mulai dibudidayakan sejak jaman Yunani kuno. Brokoli sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1970-an dan sekarang menjadi populer sebagai salah satu bahan makanan. Jika dilihat secara sepintas, sayuran brokoli memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kembang kol namun memiliki warna yang lebih hijau.

Bagian dari sayur brokoli yang biasa dimakan adalah bunganya yang berwarna hijau yang tersusun dengan rapat menyerupai cabang pohon dengan batang yang tebal. Sayur brokoli juga sering Anda jumpai dalam berbagai macam masakan, selain itu jenis sayuran ini juga biasa dimasukkan ke dalam menu diet. Hal ini dikarenakan sayur brokoli sangat kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh sehingga Anda disarankan untuk mengkonsumsinya, berikut ini akan kami ulas beberapa manfaat dari brokoli.

Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari sayur brokoli hijau adalah mampu menjaga kesehatan tulang, hal ini dikarenakan sayur brokoli hijau memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kandungan kalsium yang ada pada brokoli hijau ini akan mampu membantu menjaga kesehatan dan juga menguatkan tulang Anda sehingga sangat baik dikonsumsi oleh balita dan juga lansia.

  1. Mengatasi Diabetes

Manfaat kedua yang bisa didapat dari sayur brokoli hijau bagi kesehatan tubuh adalah untuk membantu mengatasi diabetes, sayur brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan sulforaphane. Zat yang satu ini dipercaya mampu untuk mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah kecil yang mana disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes.

  1. Membuat Awet Muda

Manfaat ketiga yang juga bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi sayur brokoli hijau adalah mampu membuat Anda tetap awet muda. Sayur brokoli hijau ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi sehingga hal ini akan membantu melawan terjadinya kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga polusi dan juga bisa memperbaiki tekstur kulit Anda.

 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat keempat yang bisa Anda peroleh dari sayur brokoli hijau adalah bisa mencegah terjadinya kanker karena sayur brokoli ini memiliki kandungan zat sulforaphane yang mana merupakan senyawa yang memiliki kandungan sulfur. Senyawa tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk menurunkan resiko terjadinya kanker sehingga Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kelima yang juga bisa Anda peroleh dari sayur brokoli hijau adalah mampu untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh, seperti yang Anda ketahui bahwa sayur brokoli hijau ini kaya akan kandungan vitamin C yang mana vitamin ini memiliki peran yang penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga akan membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Sayur brokoli merupakan sayur yang biasa Anda temukan dalam menu diet yang mana sayuran ini ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com