Manfaat Kesehatan di Balik Pahitnya Sayur Pare

Fitri Tamara 0

Manfaat Kesehatan di Balik Pahitnya Sayur Pare – Pare, jenis sayuran yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda karena jenis sayuran ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia. Pare atau peria sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang berasal dari daerah India bagian barat yang kemudian menyebar ke berbagai daerah tropis, termasuk Indonesia. Pare memiliki berbagai julukan yang berbeda – beda di masing – masing daerah seperti paria, pepareh, pariak, pania, dan berbagai sebutan lainnya.

Jenis sayuran yang satu ini memiliki rasa yang sangat khas yakni pahit, namun rasanya yang pahit ini justru menjadi keunikan tersendiri. Tumbuhan pare memiliki ciri yakni tumbuh merambat dengan buah yang memiliki bentuk panjang dengan ujung runcing yang berwarna hijau. Pare sendiri sering dijadikan sebagai bahan masakan yang disukai oleh banyak orang, rasanya yang pahit justru menjadikan sayuran ini berbeda dari jenis sayuran yang lainnya. Namun di balik rasa pahit yang dimiliki oleh pare, ternyata pare memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kesehatan di Balik Pahitnya Sayur Pare

  1. Mengatasi Diabetes

Salah satu manfaat yang diberikan oleh pare bagi kesehatan tubuh adalah mampu membantu mengatasi diabetes, rasa pare yang pahit merupakan indikasi bahwa tidak ada kandungan pemanis di dalamnya. Selain itu pare juga memiliki kandungan senyawa sulfonylurea yang mana biasa terdapat pada obat diabetes dan akan mampu untuk mengurangi kadar gula darah untuk penderita diabetes.

  1. Menghambat Perkembangan AIDS

Manfaat kedua yang juga bisa Anda peroleh dari sayur pare adalah mampu menghambat perkembangan AIDS yang mana penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang hingga kini belum ditemukan obatnya. Namun penyakit AIDS ternyata bisa dicegah perkembangannya dengan mengkonsumsi makanan tertentu, salah satunya adalah pare yang mengandung protein alpha momocharin.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat ketiga dari pare yang bisa Anda peroleh adalah mampu untuk melancarkan pencernaan, hal ini dikarenakan sayur pare memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga akan mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu rasa pahit yang dimiliki oleh pare juga akan ikut berperan dalam membantu proses pencernaan dan juga metabolisme tubuh Anda.

  1. Membersihkan Darah

Manfaat keempat yang juga bisa didapatkan dari sayur pare adalah bisa membersihkan darah, hal ini sangatlah penting terutama pada kaum pria yang tidak mengalami masa menstruasi sehingga tidak bisa membersihkan darah. Pare bekerja membersihkan darah melalui rasa pahit yang dimilikinya akan mengurangi kandungan gula dalam darah, Anda bisa mengkonsumsi sayur ini secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kelima yang akan Anda dapatkan dari sayur pare adalah mampu untuk menjaga kesehatan kulit, sayur pare sendiri sangatlah kaya akan kandungan vitamin C yang akan berperan penting dalam regenerasi kulit dan akan membantu mencerahkan kulit Anda. Sayur pare ini sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin bagi Anda yang ingin terlihat lebih awet muda dan memiliki kulit yang cerah.

Sayur pare dikenal akan rasanya yang pahit, namun di balik rasa pahit yang dimilikinya ternyata sayuran ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com