Manfaat dan Kandungan Sayur Sawi Putih

Fitri Tamara 0

Manfaat dan Kandungan Sayur Sawi Putih – Sawi putih adalah salah satu jenis sayuran yang masih termasuk dalam keluarga sawi – sawian atau Brassicaceae, jenis sawi yang satu ini sering menjadi salah satu bahan dari masakan Tionghoa sehingga sawi putih dikenal juga dengan nama sawi cina atau petsai. Sedangkan nama sawi putih sendiri disebabkan karena jenis sawi ini memiliki daun yang warnanya cenderung kuning pucat serta tangkai daunnya yang berwarna putih. Sawi putih ini mudah dikenali dengan baunya yang sangat khas namun masih netral.

Jenis sawi putih sendiri sudah bukan sayuran yang asing lagi bagi masyarakat di Indonesia karena jenis sayuran ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam masakan seperti misalnya cap cai, asinan sawi (diawetkan dalam cairan garam dan gula), sup sawi, dan berbagai masakan lainnya. Sayuran sawi putih memang memiliki rasa yang lezat jika diolah sehingga banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia, selain rasanya yang lezat ternyata sawi putih juga memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Manfaat dan Kandungan Sayur Sawi Putih

  1. Mencegah Alzheimer

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari sayur sawi putih adalah bisa mencegah alzheimer, hal ini dikarenakan sawi putih memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K ini memiliki peran penting untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan sel neuron di otak sehingga bisa mencegah penyakit alzheimer, selain itu vitamin K juga bisa membantu kesehatan tulang.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kedua yang juga bisa Anda peroleh dari sayur sawi putih adalah bisa untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh, sayur sawi putih sendiri termasuk jenis sayuran yang kaya akan kandungan zat anti oksidan dan anti inflamasi. Kedua zat tersebut akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, selain itu sawi putih juga bisa untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ketiga yang bisa Anda dapatkan dari sayur sawi putih adalah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan sayur sawi putih memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi serta kandungan beberapa zat seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan berbagai vitamin dan zat tersebut akan memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

 

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat keempat yang bisa Anda dapat dari sayur sawi putih adalah mampu mencegah penyakit jantung, sayur sawi putih diketahui memiliki kandungan vitamin B9 yang mana akan berperan penting untuk mampu meningkatkan fungsi jantung di dalam tubuh. Sayur sawi bekerja dengan mengurangi homosistein yang mana merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit jantung.

  1. Mengatasi Gangguan Emosional

Manfaat kelima dari sayur sawi putih yang bisa Anda peroleh adalah untuk mengatasi gangguan emosional, sayur sawi putih sendiri memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi yang mana vitamin ini akan mampu berperan mengatasi gangguan emosional yang dialami oleh seseorang. Vitamin B6 ini akan mampu mengatasi ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Sayur sawi putih merupakan jenis sayuran yang biasa dijadikan sebagai bahan masakan yang mana memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com