Macam-Macam Penyakit Pada Hati

Fitri Tamara 0

Macam – Macam Penyakit Pada Hati – Hati merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang sangat penting, organ hati ini adalah kelenjar yang paling besar di dalam tubuh yang mana letaknya berada di dalam rongga perut sebelah kanan atau persis di bawah diafragma. Peran hati sendiri sangatlah penting yakni memiliki fungsi sebagai alat ekskresi yang mana hati akan membantu ginjal dalam memecah berbagai senyawa yang bersifat racun sehingga akan menghasilkan urea, amonia, dan asam urat dengan memanfaatkan asam amino dan nitrogen.

Hati atau yang sering juga disebut dengan liver ini memang sangatlah penting karena organ tubuh yang berwarna merah darah ini akan mengeluarkan racun dalam tubuh atau disebut sebagai proses detoksifikasi. Namun seperti halnya organ tubuh lainnya yang ada di dalam tubuh manusia, hati juga bisa mengalami kerusakan yang akan menyebabkan penyakit pada organ yang satu ini. Jika hati seseorang terkena penyakit maka tentunya akan bisa mengancam kelangsungan hidup orang tersebut, di bawah ini akan kami ulas beberapa penyakit pada hati.

Macam – Macam Penyakit Pada Hati

  1. Hepatitis

Jenis penyakit pada hati yang pertama adalah hepatitis yang mana jenis penyakit ini terdiri dari beberapa jenis antara lain hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Dari beberapa penyakit hepatitis tersebut, penyakit hepatitis B menjadi penyakit hepatitis yang paling berbahaya karena penyakit hepatitis B ini bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih kronis.

  1. Sirosis Hati

Jenis penyakit pada hati yang kedua adalah sirosis hati yang mana penyakit yang satu ini merupakan efek lanjutan dari penyakit hepatitis B dan juga hepatitis C. Penyakit sirosis hati ini akan membuat fungsi hati menjadi terganggu karena banyaknya jaringan ikat yang ada di dalam hati, jenis penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya.

  1. Kanker Hati

Sama halnya seperti sirosis hati, penyakit kanker hati merupakan efek lanjutan dari penyakit hepatitis B. Selain itu penyakit kanker hati ini juga sama seperti sirosis hati di mana penyakit ini belum bisa diobati dengan teknologi saat ini, salah satu cara untuk mengatasi penyakit kanker hati adalah dengan melakukan kemoterapi yang mana hal ini pun sesungguhnya tidak begitu menolong para penderitanya.

 

  1. Hemachromatosis

Penyakit hemachromatosis menjadi jenis penyakit keempat yang menyerang hati manusia. Berbeda dengan penyakit sirosis hati dan juga kanker hati, penyakit hemachromatosis ini merupakan salah satu jenis penyakit yang bersifat keturunan. Seseorang yang menderita penyakit hemachromatosis ini akan mengalami gangguan pada metabolisme karena adanya endapan besi yang berlebih dalam hati.

  1. Kolestasis dan Jaundice

Jenis penyakit pada hati yang kelima adalah kolestasis dan jaundice yang mana penyakit ini terjadi apabila hati gagal dalam memproduksi atau mengeluarkan cairan empedu yang ada di dalam tubuh. Apabila hal tersebut terjadi maka akan terjadi pula kegagalan dalam proses penyerapan lemak dan juga vitamin pada usus, jenis penyakit ini juga akan menimbulkan penumpukan bilirubin pada hati.

Hati merupakan salah satu kelenjar terbesar yang ada di dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting sehingga harus Anda jaga agar tidak terserang berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com