Lakukan Perawatan Ini Ketika Sih Kecil Sakit Pilek

Fitri Tamara 0

Lakukan Perawatan Ini Ketika Sih Kecil Sakit Pilek

Pada saat sih kecil yang masih bayi terserang pilek, bunda pasti kalang kabut untuk memberikan obat dan juga membuatnya merasa lebih nyaman. Bayi memang sangat rentan sekali terserang pilek, sebab daya tahan tubuhnya yang masih sangat lemah, sehingga virus penyakit lebih mudah menyerang tubuh mungilnya tersebut.

Memang sih tidak ada obat yang dapat mengusir pilek lebih cepat, akan tetapi Anda bisa membantu membuat sih kecil lebih enakan dengan cara memberinya istirahat yang cukup. Selain hal tersebut, bunda juga bisa merawat sih kecil yang sedang pilek dengan cara melakukan beberapa langkah berikut, seperti yang kami lansirkan dari laman babycenter.com. Ingin tahu seperti apa langkahnya? Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Langkah-langkah merawat sih kecil saat sakit pilek

Langkah yang pertama, jangan lupa untuk memberikan asupan cairan yang cukup untuk sih kecil. Buat bayi yang masih berusia 4 bulan ke bawah. Anda bisa memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup. Sedangkan untuk bayi yang masih berusia 4 bulan ke atas, Anda bisa memberikan air putih serta sedikit jus pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulanan.

Langkah yang kedua, silakan bantu sih kecil untuk bisa mengeluarkan lendir yang sedang menyumbat dihidungnya. Bayi pastinya masih belum mampu untuk mengeluarkan sendiri lendir yang ada di dalam hidungnya. Padahal lendir yang menyumbat di hidung sih kecil akan membuatnya rewel, sebab merasa tidak nyaman.

Untuk bisa membantu sih kecil dalam mengeluarkan lendir yang ada di dalam hidungnya, silakan rebahkan kepala sih kecil dan teteskan sedikit saja air garam di lubang hidungnya, untuk bisa mengencerkan lendr. Kemudian beberapa saat kemudian, keluarkan lendirnya tersebut dengan menggunakan bantuan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir di hidung sih kecil.

Langkah yang ketiga, silakan oleskan petroleum jelly di daerah sekitar lubang hidung sih kecil. Pada saat pilek bayi akan rentan mengalami iritasi dihidungnya akibat dar gesekan ketika mengeluarkan lendir dari dalam hidungnya. Nah, petroleum jelly ini berguna untuk meredakan iritasi yang terjad di hidung sih kecil.

Nah, itulah tadi cara merawat sih kecil saat sakit pilek yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga saja cara tersebut bisa membantu meredahkan pilek sang buah hati Anda ya, bund!

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.