Kuasai Diri Anda, Mulai Belajar Berkata Tidak

Fitri Tamara 0

Setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa diantara kita mungkin memiliki sifat ‘gak enakan’ terhadap orang lain. Berat rasanya untuk menolak ajakan ataupun juga permintaan dari orang lain yang datang ke kita.

Pada satu sisi, memiliki sifat ‘gak enakan’ ini membuat kita merasa dibutuhkan dan juga bermanfaat bagi orang lain. Tetapi tahukah anda, bahwa memiliki sifat tersebut juga bisa menjadi bumerang bagi pribadi dengan sifat ‘gak enakan’?

Perlu diketahui, sejatinya setiap orang memiliki sifat baik pada dirinya. Namun tidak menutup kemungkinan, jika ada kesempatan beberapa orang mungkin akan melakukan tindakan jahat terhadap kita, sehingga kita juga harus selalu berhati-hati.

Bagi anda yang memiliki sifat ‘gak enakan’ karena takut dianggap tidak suka menolong ataupun terlihat sombong, anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Anda merupakan orang yang baik jika anda memiliki sifat tersebut.

Anda perlu melakukan proses filter terhadap ajakan ataupun juga permintaan tolong dari orang yang datang ke anda. Bukan berati anda menolak semua ajakan, tetapi anda harus pandai-pandai memilah ajakan atau permintaan yang bisa anda lakukan dan juga yang tidak mengajak pada hal keburukan.

Selain itu, baiknya anda memikirkan waktu dan juga tenaga yang anda keluarkan, jangan sampai pekerjaan anda terganggu oleh ajakan ataupun permintaan dari orang lain tersebut. Dan juga jangan berpikir penolakan yang anda lakukan merupakan tindakan yang jahat.

Bayangkan saja, jika anda sedang merintis sebuah bisnis ataupun menjalankan suatu perusahaan, ada rekan anda yang datang mengajak kerjasama. Tetapi, dari ajakan kerjasama tersebut, posisi anda tidak begitu diuntungkan dan memperbanyak pekerjaan anda.

Jika anda terjebak dalam situasi tersebut, alangkah bijak jika anda mengesampingkan sifat ‘gak enakan’ yang anda miliki. Karena hal tersebut tentu akan merugikan anda sendiri dan juga akan mengaburkan penilaian anda terhadap langkah yang akan anda ambil.

Maka dari itu, sedini mungkin baiknya anda mulai untuk belajar berkata tidak, bukan untuk menolak seluruh ajakan, tetapi sebagai proses anda mendewasakan diri dan juga memilah prioritas anda.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.