Jenis penyakit ginjal dan penyebabnya

Fitri Tamara 0

Jenis penyakit ginjal dan penyebabnya

 

Di dalam tubuh kita terdapat banyak organ yang membantu kita dalam beraktivitas, salah satunya adalah ginjal. Kita memiliki sepasang ginjal yang berada di kanan dan kiri. Ginjal adalah salah satu salah satu organ penting dalam tubuh kita. Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita yaitu menjaga kesehatan tubuh kita dan penyeimbang tubuh. Selain itu berfungsi sebagai penyaring darah, pengatur volume darah, dan menyaring kadar gula dalam darah.

Ginjal juga memiliki fungsi sebagai pengatur pH, komposisi air dalam darah, dan ion mineral. Ginjal akan mempertahankan pH darah dikisaran 7,4 dengan cara melakukan pertukaran ion hidroksil dan hidronium yang bisa menyebabkan urin menjadi memiliki sifat asam.

Ada beberapa Jenis penyakit ginjal dan penyebabnya antara lain:

  1. Batu ginjal atau kalkulus uriner. Penyebab penyakit ginjal ini terjadi dikarenakan terkumpulnya mineral-mineral dalam tubuh dan mengendap. Pada umumnya penderita batu ginjal akan merasakan nyeri pada bagian perut bawah, diantara tulang rusuk dan pinggang. Pada awalnya penderita batu ginjal akan merasakan mual, muntah, demam, dan darah saat kita buang air kecil.
  2. Gagal ginjal adalah penyakit kedua yang paling sering kita dengar dari dokter. Gagal ginjal akan mengakibatkan kita kehilangan seluruh fungsi dari semua organ tubuh. Gagal ginjal dapat terjadi karena rusaknya jaringan tubulus di karenakan mengonsumsi obat-obatan. Selain disebabkan dari mengonsumsi obat-obatan gagal ginjal juga dapat disebabkan karena diabetes dan kelebihan kandungan garam kalsium.
  3. Pyelonephrits adalah peradangan jaringan ginjal yaitu terbentuknya peeluasan ujung atas ureter tubulus yang merupakan saluran urin ke kandung kemih. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri dan apabila tidak segera ditangani akan menjadi penyakit yang kronis.

Itulah Jenis penyakit ginjal dan penyebabnya. Begitu banyak penyakit yang dapat menjangkiti setiap organ tubuh kita. Semua itu dapat kita cegah dengan pola hidup yang sehat. Ingat dalam pikiran kita bahwa, sakit itu murah, tapi sehat itu mahal

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.