Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Mengonsumsi Kurma

Fitri Tamara 0

Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Mengonsumsi Kurma

Mengonsumsi aneka ragam makanan yang sehat merupakan salah satu syarat supaya ibu hamil tetap sehat dan janin didalam rahim juga sehat. Karena itu selama masa kehamilan, disarankan supaya ibu hamil menjauhi aneka ragam junkfood dan aneka ragam bahan makanan yang mengandung pengawet atau makanan instan.

Bagi anda yang sedang hamil, salah satu bahan makanan sehat yang disarankan untuk anda konsumsi yaitu kurma. Bahan makanan ini sangat lezat dan juga kaya akan nutrisi bahkan banyak sekali manfaat yang diberikan oleh kurma untuk kesehatan sehingga kurma juga menjadi bahan makanan yang sejak dulu sudah direkomendasikan.

Untuk informasi lebih lanjut mengapa kurma sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, disini kami punya alasannya untuk anda. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Alasan Mengapa Kurma Sangat Recommended Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Ada beberapa aspek yang menjadi alasan mengapa kurma sangat recommended untuk dikonsumsi ibu hamil. Salah satu alasannya yaitu :

Tinggi Kalori Dan Kaya Nutrisi

Ibu hamil memang perlu memenuhi kebutuhan kalori sekitar 300 kalori per hari untuk mendukung kesehatan janin dan kesehatan ibu hamil. Selain harus memenuhi kebutuhan kalori, ibu hamil juga penting mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Dan salah satu bahan makanan yang tinggi kalori serta kaya akan nutrisi yaitu kurma. Selain itu kurma juga punya banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kalium

Kalium juga terdapat dalam buah yang bernama kurma ini. Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh karena volume darah akan meningkat selama kehamilan. Semakin besar usia janin di dalam rahim maka akan semakin besar pula volume darah. Karena itu mengonsumsi bahan makanan yang tinggi kalium sehingga bisa menjaga keseimbangan elektrolit disarankan.

Kalsium

Nutrisi penting lainnya yang terdapat di dalam kurma yaitu kalsium. Kalsium ini sangat penting dipenuhi untuk membantu dan mendukung pertumbuhan tulang janin. Karena itu mengonsumsi kurma secara rutin disarankan. Anda bisa mengonsumsinya setiap pagi atau sore hari. Dijadikan bahan makanan pengganti makan malam juga disarankan.

Mineral

Banyak kandungan mineral penting yang terdapat didalam kurma. Terdapat kandungan mineral penting seperti folat, niacin, B-6, vitamin asam pantotenat, seng, mangan dan juga magnesium. Kandungan mineral penting tersebut tidak bisa dengan mudah ditemukan di semua buah atau sayur. Akan tetapi mineral penting tersebut bisa anda temukan dalam sebutir buah kurma.

Kaya Serat

Tentunya anda tidak ingin terjadi komplikasi selama kehamilan bukan? Komplikasi kesehatan seperti wasir, ambeien, diare atau sembelit memang seringkali terjadi pada ibu hamil. Karena itu sangat disarankan supaya ibu hamil mengonsumsi makanan yang tinggi serat pada awal kehamilan guna mengurangi resiko preeklampsia menjelang akhir kehamilan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension disebutkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi serat bisa mengurangi komplikasi selama kehamilan dan mengurangi resiko preeklampsia menjelang akhir kehamilan.

Nah, karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya serat. Salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu buah kurma.

Itulah sedikit uraian informasi yang kali ini bisa kami sampaikan mengenai Alasan Mengapa Kurma Sangat Recommended Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Jaga selalu kesehatan anda dan janin bunda.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.