Harga Biaya Terapi Tumbuh Kembang Anak di Klinik/Rumah Sakit

Fitri Tamara 0

Terapi Tumbuh Kembang Anak – Ketika orang tua mempunyai anak yang lama diimpikan, tentunya merupakan suatau kebahagiaan tersendiri. Melihat anak kita tumbuh dengan sehat dan tumbuh dengan normal, melihatnya berproses dari hari ke hari merupakan hal yang menyenangkan. Namun menjadi suatu hal yang dipikirkan, apabila tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan keadaan normal. orang tua menjadi kepikiran, apa yang salah, dan apa yang harus dilakukan bila anak dalam kondisi seperti itu.

Banyak orang tua yang belum mempunyai pengetahuan cukup mengenai apa itu pertumbuh kembangan anak yang baik dan normal. Kurangnya pengetahuan tersebut tentunya sangat beresiko dalam pemantauan terhadap perkembangan anak, mulai dari usia dini, dari usia bayi sampai ke usia batita, balita dan seterusnya.

Oleh karena itulah, untuk memonitor secara menyeluruh, maka sekarang banyak terdapat klinik tumbuh kembang anak yang diselenggarakan, baik dari rumah sakit ataupun institusi lain yang berkompeten, guna membantu para orang tua dalam mengawasi tumbuh kembang anak agar selalu terpantau dan anak tumbuh dengan normal, baik fisik maupun mentalnya.

kompas.com

Klinik tumbuh kembang anak adalah klinik yang membantu untuk mengawasi pertumbuhan serta perkembangan anak agar berjalan secara sehat dan normal. Selain itu juga berfungsi sebagai pusat pembelajaran yang mengajarkan kepada para orangtua bagaimana cara mengasuh anak yang benar dan tepat, yang mampu menstimulasi tumbuh kembang anak dengan baik.

Di klinik rumbuh kembang anak akan dilakukan deteksi dini, kemudian mendiagnosa serta melakukan tindakan yang diperlukan, menentukan pilihan terapi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, sekaligus juga bisa mengedukasi para orang tua mengenai pentingnya pemantauan terhadap tumbuh kembang anak.

Pada umumnya yang membutuhkan bantuan dari klinik tumbuh kembang anak, bila anak atau bayi dalam kondisi sebagai berikut:

  • Berat badan bayi yang rendah (kurang dari 2500 gram)
  • Bayi dengan usia kehamilan yang kurang dari 40 minggu
  • Bayi yang mengalami gangguan kesehatan pada masa perinatal
  • Bayi dengan kondisi mengalami infeksi dalam kandungan
  • Bayi dengan kondisi kelainan bawaan

Para orang tua juga bisa datang ke klinik tumbuh kembang anak bila dirasa anak atau bayinya memerlukan pemantauan untuk memastikan perkembangan anak bisa berjalan secara normal. Ini tentunya merupakan hal yang positif, memastikan di awal dan tindakan pencegahan, agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan ke depannya, semuanya dikontrol dari awal.

Pemantauan terhadap tumbuh kembang anak bisa dilakukan dengan cara pelayanan pemantauan agar anak selalu berada dalam tingkat pertumbuhan yang optimal. Bila terdapat gejala gangguan, maka akan segera dilakukan tindakan pertama guna penanganan. Oleh karena itu pemeriksaan secara menyeluruh sangat penting guna selalu memantau anak dalam kondisi yang baik, termasuk pengukuran berat badan, lingkar kepala, panjang badan dipantau  dengan seksama.

Permasalahan yang biasanya terjadi selama tumbuh kembang anak, keluhan dan gangguannya bisa terjadi dengan kondisi-kondisi sebagai berikut:

  • Lambatnya pertumbuhan motorik, baik itu motorik halus maupun motorik kasar
  • Mengalami keterlambatan dalam kemampuan berbicara serta berbahasa
  • Mengalami gangguan personal maupun sosialisasi
  • Gangguan mengenai perilaku serta tingkat kecerdasan
  • Gangguan masalah makan

Beberapa terapi yang dilakukan di klinik tumbuh kembang anak diantaranya melakukan hal-hal tersebut di bawah ini:

  • Terapi kegiatan, melakukan aktifitas serta kegiatan-kegiatan yang disarankan, untuk menstimulasi perkembangan serta gerak kinetis, seperti bermain musik, melakukan olahraga berkuda, berlatih berenang dan sebagainya.
  • Terapi tingkah laku, dilakukan bagi  anak yang mengalami gangguan perilaku misalnya hiperaktif atau susah berkonsentrasi.
  • Terapi komunikasi, dilakukan guna menstimulasi serta melatih kemampuan nonverbal, kemampuan berbicara, mengerti bahasa, serta bahasa isyarat.
  • Fisioterapi, terapi untuk postur tubuh yang bagus, keseimbangan tubuh, membantu kemampuan berjalan, serta mencegah kondisi kaku tubuh.

Biaya terapi tumbuh kembang anak

Bagi yang ingin memanfaatkan jasa klinik tumbuh kembang anak, tentunya masing-masing rumah sakit atau institusi lain yang menyediakannya, mempunyai tarif yang berbeda sesuai kondisinya masing masing Namun sebagai gambaran biayanya bisa diinformasikan sebagai berikut:

Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Bunda Jakarta
Jalan Teuku Cik Ditiro No.28 RT 9/RW 2 Gondangdia
Biaya fisioterapi anak sekitar Rp.525 ribu
Skrining tumbuh kembang anak mulai dari Rp.370 ribu.

Mayapada Hospital Jakarta Selatan
Paket Penilaian Awal Rp.500 ribu
Paket Tumbuh Kembang 1: Rp.2,2 juta
Paket Tumbuh Kembang 2: Rp.1,9 juta
Paket Tumbuh Kembang 3: Rp.1,6 juta

 

KLINIK TUMBUH KEMBANG ANAK

Yamet – Klinik  Tumbuh Kembang Anak Superkidz – Klinik Tumbuh Kembang Anak
Yamet Child Development Center merupakan pusat tumbuh kembang anak serta menyiapkan anak agar mempunyai kemampuan untuk menjadi anak yang mandiri, kreatif, pintar serta berprestasi Superkidz merupakan klinik tumbuh kembang anak denan fasilitas layanan diagnostik serta terapi dengan penanganan yang terbaik bagi anak-anak yang membutuhkannya
Klinik Pela 9 – Tumbuh Kembang Anak & Remaja Klinik RHE (Ruwito Harun Evasari)
Klinik Terpadu Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Klinik Pela 9 membantu para orang tua anak yang mengalami gangguan maupun hambatan dalam pertumbuhan maupun perkembangannya. Klinik RHE (Ruwito Harun Evasari) merupakan klinik tumbuh kembang anak dengan konsep one stop shopping, untuk semua kebutuhan anak yang mengalami permasalahan dalam tumbuh kembang
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com