Harga Biaya Scaling Gigi Serta Manfaatnya bagi Kesehatan

Fitri Tamara 0

Banyak yang tidak mau pergi ke dokter gigi untuk perawatan, padahal hal tersebut penting bagi kesehatan gigi. Biasanya mereka malas pergi karena takut, atau karena biayanya yang mahal. Padahal tidak semua tempat perawatan gigi tersebut mahal, termasuk biaya scaling gigi.

Perawatan gigi dan gusi perlu diperhatikan agar tidak menjadi rusak kedepannya, termasuk diantaranya  perawatan karang gigi. Bila karang gigi tersebut terus dibiarkan lama kelamaan akan menjadi kesulitan untuk penanganan membersihkannya.

Cara membersihkan karang gigi ada beberapa macam yang dilakukan. Cara yang paling mudah tentunya dengan menggosok gigi secara rutin tiap hari. Selain itu bisa juga dengan cara flossing gigi. Untuk pencegahan bisa melakukan tindakan mengurangi konsumsi makanan manis dan menghilangkan kebiasaan merokok. Cara lain yang sekarang sering dibahas adalah dengan cara scaling gigi.

liputan6.com

Apa itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah tindakan membersihkan gigi, dilakukan dengan bantuan alat yang dinamakan scaler. Dengan kemajuan teknologi, sekarang sudah ada ultrasonic scaler yang digunakan untuk scaling gigi dengan metoode canggih ultrasonic.

Dengan menggunakan metode serta alat scaler ini, pembersihan gigi berikut karang gigi bisa berlangsung secara maksimal, bisa menjangkau ke bagian sela-sela gigi yang dengan sikat gigi biasa tidak bisa terjangkau.

Mengenai waktu yang direkomendasikan untuk scaling gigi adalah sekurang-kurang 6 bulan sekali, guna mencegah kerusakan gigi dan timbulnya karang gigi.

Manfaat Scaling Gigi

Bagi yang belum mengetahuo apa itu manfaat scaling gigi, berikut ini diberitahukan kegunaan serta manfaatnya bagi kondisi kesehatan gigi:

1. Menghilangkan enzim serta asam yang berlebihan dikarenakan bakteri

Bila kita mengonsumsi banyak makanan ataupun minuman manis yang mengandung kadar gula tinggi, maka lambat laun akan menyebabkan plak gigi menghasilkan lebih banyak lagi asam. Asam tersebut yang mengakibatkan plak menempel dan menjadi lebih lengket serta lebih sulit untuk dibersihkan. Efeknya, pada enamel gigi lambat laun akan rusak, serta terkikis yang menyebabkan gigi menjadi berlubang.

2. Mencegah adanya Periodontitis

Kondisi periodontitis merupakan keadaan dimana gigi mengalami infeksi, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak serta tulang penyangga gigi. Bila tidak segera diobati makan dikhawatirkan terjadi kondisiyang lebih serius, yaitu gigi tanggal serta gusi menjadi berdarah.

3. Mengurangi Resiko Pedarahan karena Pembengkakan Jaringan

Dengan rajin membersihkan karang gigi, maka akan meminimalisir tempat tumbuh kembangnya bakteri yang bisa merusak gigi serta mengiritasi gusi, yang pada akhirnya juga bisa mengurangi resiko pembengkakan jaringan yang menjadi penyebab pendarahan. Perlu diketahui  hal tersbut juga yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut bisa terjadi.

Biaya Scaling Gigi

Untuk melakukan scaling gigi, sekarang banyak dokter gigi, rumah sakit ataupun klinik, puskesmas  serta tempat-tempat tertentu yang menyediakan. Harga tarif biaya  scaling gigi per satu kali kedatangan bervariasi di setiap tempat yang dimaksud, namun secara garis besar bisa diambil rata-rata bahwa biayanya berkisar antara Rp 150.000 s/d Rp 500.000, per satu kali tindakan.

Proses Scaling Gigi

Bagi anda yang belum pernah merasakan scaling gigi, pada prosesnya selama tindakan, mungkin ada resiko terasa pembengkakan, nyeri sampai keluarnya darah. Namun jangan khawatir, karena itu hanyaefek sementara, dan selanjutnya gigi dan gusi akan menyesuaikan dengan diri selama tindakan scaling dan efek tersebut akan berangsur hilang. Tindakan scaling gigi dilakukan dalam kondisi normal tanpa perlu dibius jadi pasien tetap dalam keadaan sadar ketika proses scaling gigi  dilakukan.

Baca Juga:

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com