Fakta menarik Vaksin SINOVAC, diklaim ampuh mengatasi corona

Fitri Tamara 0

Penanganan Covid-19 nampaknya menemui titik terang. Pada dasarnya, masalah pandemi bisa teratasi dengan dua cara. Pertama menghentingkan penyebaran dan cara kedua menemukan vaksin untuk mengatasi virus tersebut.

Menghentikan penyebaran virus telah gagal diatasi oleh mayoritas negara di dunia. Alhasil, hanya dengan menemukan vaksin cara yang paling ampuh untuk mengakhiri pandemi.

Ilmuwan diseluruh dunia berlomba dengan waktu melakukan penelitian untuk menemukan vaksin Covid-19. Secerca harapan mulai terlihat ketika perusahaan farmasi asal China, Shinovac mulai menguji vaksin kepada manusia di seluruh dunia.

Lantas apa saja fakta tentang Sinovac?

Simak faktanya dibawah ini:

Perusaaan pembuat Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac dikembangkan oleh perusahaan asal negeri China bernama Sinovac Biotech Ltd. Perusahaan tersebut juga menjalin kerja sama dengan perusahaan farmasi Indonesia Bio Farma.

Sinovac Biotech Ltd selama dua dekadi terakhir, banyak mengembangkan dan menkomersialkan vaksin yang digunakan untuk manusia. Di antaranya adalah vaksin hepatitis A dan B, Influenza, flu babi dan gondok. Bisa dikatakan perusahaan ini sudah cukup teruji.

Vaksin Sinovac akan diuji di Indonesia

Rencana nya vaksin Sinovac akan diujikan kepada beberapa relawan/partisipan. Jumlah relawan yang akan dilibatkan sekitar 1.620. Uji klinis ini merupakan ujicoba terakhir sebelum vaksin tersebut ditetapkan sebagai vaksin yang ampuh mengatasi Covid-19.

Relawan yang mengikuti uji klinis vaksin corona diharapkan warga domisili bandung dan dalam rentang usia produktif serta sehat. Hal menarik ketika Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil bersedia menjadi relawan uji klinis vaksin tersebut.

Efek samping Vaksin Sinovac

Menurut Tim Peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Unpad Bandung, Kusnandi Ramil mengatakan, pemberian vaksin memungkinkan terdapat dua efek samping. Efek samping tersebut diantaranya Reaksi lokal dan sistemik.

Reaksi lokal seperti di tempat suntikan ada merah, bengkak dan nyeri. Sedangkan untuk reaksi sistemik seperti demam ringan dan diare.

Jumlah Vaksin Sinovac yang akan didatangkan ke Indonesia

Setelah vaksin Sinovac tersebut telah lolos uji klinis dan dinyatakan berhasil mengatasi Covid-19. Pemerintah berencana mendatangkan vaksin tersebut sebanyak 20 juta dosis pada tahun ini dan 250 juta dosis dengan overfill 10 persen pada 2021.

Kita berharap uji klinis vaksin dapat berhasil, sehingga kehidupan dunia berangsur normal kembali dan semoga pandemi ini cepat berlalu.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.