Diet Nutrisi Pada Penyakit Gastritis

Fitri Tamara 0

Diet Nutrisi Pada Penyakit Gastritis

Hampir sebagian besar orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan ideal, dengan tinggi serta berat badan yang proporsional. Akan tetapi, dikarenakan oleh beberapa hal terkadang berat badan seseorang bisa jauh lebih kurus bahkan juga bisa lebih gemuk atau pun over weight, hal yang seringkali bisa dilakukan dalam mengatasi masalah kegemukan adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan dengan diet sehat yang ketat. Namun, ternyata menjalankan program diet dengan berbagai macam aturan juga bukanlah hal yang cukup mudah untuk diterapkan begitu saja, terkadang sering mendapat hambatan-hambatan di dalam menjalankan diet, seperti timbulnya penyakit gastritis.

Gastritis adalah sejenis penyakit pada pencernaan, khususnya lambung, yang mana penyakit ini terjadi akibat dari meningkatkan keasaam di dalam lambung. Diet yang mengatur pola hidup sehat mulai dari berolahraga hingga pola asupan makanan pastinya akan membuat Anda harus menahan rasa alapr dan juga bersabar terhadap makanan. Nah, pola makan yang berubah tersebut yang sering menjadi pemicu timbulnya penyakit gastritis. Yang mana kondisi lambung dengan jadwal makan yang tak teratur akan mengakibatkan lambung kesulitan untuk beradaptasi, sementar itu produksi asam lambung terjadi secara terus menerus.

Lantas, bagaimana diet bagi penderita dastritis?

Buat jadwal pola makan

Bagi penderita penyakig gastrisi diet nutrisi yang baik adalah dengan membuat jadwal untuk pola makan yang sehat, silakan Anda buat jadwal makan sebanyak 3 jam sekali untuk porsi yang sedikit. Usahakan jangan pernah menunda-nunda waktu makan Anda, karena perut yang kosong akan mengakibatkan tidak adanya makanan maupun minuman yang dicerna oleh lambung.

Hindari makanan pemicu gastritis

Selanjutnya yang harus Anda lakukan supaya bisa jalankan diet tanpa gangguan penyakit gastritis ini adalah dengan menghindari jenis makan makanan yang bisa memicu timbulnya penyakittersebut, seperti makanan yang terlalu keras dan sulit untuk dicerna, karena makanan yang seperti ini akan menjadikan lambung Anda bekerja lebih ekstra, akibatnya produksi asam lambung akana makin meningkat.

Menjauhi dari kebiasaan merokok

Cara diet nutrisi bagi penderita gastritis berikutnya adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Sebab pola hidup tak sehat ternyata seringkali jadi pemicu munculnya penyakit gastritis tersebut, salah satunya adalah merokok. Sebab kegiatan tresebut akan memicu produksi asam dan gas secara berlebih di dalam lambung, sehingga bisa mengakibatkan perut jadi kembung, mual, dan nyeri, walaupun sedang tidak terlambat makan.

Olahraga teratur

Selain menghindari pola hidup yang tidak baik, pola hidup sehat pun juga bisa dilakukan dalam jalankan program diet, yakni dengan melakukan olahraga secara teratur. Kegiatan tersebut justru akan menjadikan diet Anda makin maksimal dan mempermudah dalam menurunkan berat badan.

Demikianlah tadi ulasan tentang diet nutrisi pada penyakit gastritis yang bias kami infokan. Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.