Diet Nutrisi Pada Hipertensi

Fitri Tamara 0

Diet Nutrisi Pada Hipertensi

Diet nutrisi yang diperuntuhkan untuk penderita hipertensi ini ternyata juga berefek positif pada beberapa penyakit lainnya, seperti halnya stroke, obesitas, dan diabetes, bahkan mampu memproteksi tubuh dari berbagai jenis penyakit osteoporosis, diabetes, kanker dan jenis penyakit jantung. Selain itu, diet ini juga mampu menekankan pada banyaknya frekuensi, jenis, serta variasi makanan. Tak hanya dapat menurunkan tekanan darah saja yang berpotensi pada penyakit jantung, diet nutrisi pada hipertensi ini juga bisa mengatur kadar gula dalam darah.

Diet ini sangat cocok sekali untuk penderita penyakit diabetes, karena diet nutrisi pada hipertensi mampu menaikkan kesensitifan insulin hingga 50 %, yang mana penderita penyakit diabetes mempunyai kesensitifan yang cukup rendah terdapat insulin. Dan hanya dengan melakukan diet nutrisi pada hipertensi ini secara rutin dan benar, maka Anda bisa menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 2 minggu saja. Diet ini meliputi makanan rendah sodium, biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, dan juga produk susu rendah lemak. Berikut ini adalah aturan frekuensi dan juga porsi makanan dalam diet nutrisi pada hipertensi yang bisa Anda simak terlebih dulu.

Diet nutrisi pada hipertensi

Karbohidrat dari biji-bijian (dikonsumsi 6-8 kali per hari)

Yang termasuk dalam karbohidrap dari biji-bijia untuk diet nutrisi pada hipertensi ini adalah beras, roti gandum, sereal, dan juga pasta. 1 kali konsumsi contohnya saja untuk 1 lembar roti gandum, 100 gram sereal, atau pun 70 gram nasi maupun pasta. Ada baiknya Anda memilih beras merah daripada beras putih, sebab beras merah memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah.

Sayuran (dikonsumsi 4-5 kali per hari)

Wortel, tomat, brokoli, dan juga sayuran yang lain mengandung vitamin, serat, magnesium, dan juga potassium. Yang mana untuk 1 kali konsumsi takarannya yakni 1 mangkuk sup untuk sayuran mentahnya, dan ½ mangkuknya lagi untuk sodium rendah atau pun tanpa garam. Tapi, apabila Anda memilih konsumsi sayuran beku, maka periksalah terlebih dahulu kandungan yang ada pada label sayuran tersebut, pilihlah yang mengandung sodium rendah atau pun tanpa garam.

Buah-buahan (dikonsumsi 4-5 kali per hari)

Sama halnya dengan sayur-sayuran, buah-buahan pun juga mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, untuk diet nutrisi pada hipertensi dan juga diabetes ini, sayuran dan juga buah-buahan memang menjadi salah satu jenis makanan yang paling tepat. Namun, harus Anda tahu juga bahwasannya ada beberapa buah yang sifatnya asam kontradiktif terhadap beberapa obat. Oleh sebab itulah penting sekali untuk selalu berkonsultasi pada dokter akan jenis buah yang baik Anda konsumsi bila sedang dalam pengobatan.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang diet nutrisi pada hipertensi yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.