Diet Nutrisi Gagal Ginjal

Fitri Tamara 0

Diet Nutrisi Gagal Ginjal

Ginjal memang merupakan salah satu organ vital didalam tubuh manusia yang punya fungsi sangat penting. Didalam tubuh manusia ginjal punya ukuran sekepal yang bentuknya seperti kacang dan fungsinya sangat banyak diantaranya yaitu sebagai organ ekskresi, sebagai organ penyaring zat yang berfungsi dan yang tidak berfungsi. Jika zat didalam tubuh manusia tidak berfungsi lagi maka peredaran darah tidak akan menyerap zat tersebut dan kemudian akan dibuang dalam bentuk urin dan keringat. Sungguh banyak bukan fungsi dari ginjal yang diberikan oleh Tuhan dalam melengkapi organ tubuh manusia?

Namun bagi mereka yang mengalami gagal ginjal semua fungsi ginjal yang sangat penting tersebut tidak dapat dijalankan. Tentu Anda dapat membayangkan sendiri bukan seperti apa jadinya jika fungsi – fungsi tersebut tidak dapat dijalankan oleh ginjal? Tentu saja akan fatal akibatnya dan gagal ginjal yang akan dialami. Nah, jika salah satu diantara Anda ada yang mengalami gagal ginjal tentu saja Anda harus segera berhati – hati termasuk harus berhati – hati dalam mengonsumsi makanan. Lakukan juga diet nutrisi gagal ginjal yang aman untuk penderita gagal ginjal. Seperti apa diet nutrisi gagal ginjal yang bisa Anda coba terapkan?

Diet Nutrisi Gagal Ginjal

Mengapa diet nutrisi harus dilakukan penderita gagal ginjal? Salah satu tujuannya yaitu menjaga elektrolit, menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh dan juga menyeimbangkan kadar gula didalam darah.

Seperti apa diet yang paling tepat untuk penderita gagal ginjal?

Diet yang cocok dilakukan oleh penderita penyakit gagal ginjal adalah diet dengan porsi kecil akan tetapi sering. Misalkan jika biasanya konsumsi makanan 3 kali sehari maka kali ini yang bisa Anda lakukan yaitu konsumsi makanan 5 sampai dengan 6 kali tetapi dengan porsi yang sangat kecil. Langkah selanjutnya Anda hidangkan makanan dalam bentuk yang menarik akan tetapi jangan memasukkan banyak karbohidrat didalamnya. Sebagai pengganti karbohidrat Anda bisa berikan bahan makanan yang mengandung protein sehat didalamnya.

Ada baiknya makanan yang dikonsumsi tidak dibuat dalam bentuk yang berkuah akan tetapi lebih disarankan makanan disajikan dalam bentuk dikukus, dibakar atau dipanggang. Makanan yang menggunakan garam tinggi dan didalamnya terdapat kandungan kalium dalam jumlah yang tinggi juga menjadi pantangan dari penderita gagal ginjal.

Jangan lupa dalam diet yang Anda lakukan ini, sertakan juga konsumsi sayur dan konsumsi buah – buahan supaya kesehatan Anda terjaga. Tapi ingat! Tidak sembarang buah yang bisa Anda konsumsi. Buah yang bisa Anda konsumsi yaitu buah apel, buah jeruk, buah pepaya tapi tidak boleh terlalu banyak.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Pahami dan terapkan. Semoga informasi diatas mengenai Diet Nutrisi Gagal Ginjal bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.