Cara Menjaga Lambung Tetap Sehat

Fitri Tamara 0

Hallo semua, apa kabarnya? semoga sehat selalu.

Kali ini kita akan membahas tentang kesehatan, namun yang kita bahas adalah kesehatan lambung ya. Seperti bagaimana cara menjaganya agar tetap sehat dan makanan serta minuman apa saja yang harus dihindari, supaya tidak sakit lambungnya.

Menyambutnya tahun baru 2021, tentu menjadi hal yang meriah apalagi dengan berbagai menu makanan serta minuman-minuman yang enak untuk menyambut datangnya tahun 2021. Tapi sudah kalian berpikir bahwa makanan atau minuman tersebut baik untuk di konsumsi? nah ada baiknya kita cari tau dulu yang mana yang baik untuk di konsumsi serta yang mana yang tidak baik untuk kesehatan lambung kita.

Sebenarnya makanan yang pasti sering banget dianggap berbahaya untuk lambung ialah Mie instan yang bumbunya menggunakan micin. Ya memang betul makanan tersebut tidak baik untuk lambung kita karena dia akan sangat susah untuk dicerna sehingga dapat membuat lambung sakit karena ada kemacetan didalam usus.

Bukan hanya mie instan saja yang tidak baik untuk kesehatan lambung. Makanan yang super duper pedas pun juga tidak baik untuk dikonsumsi sebenarnya. Makanya terkadang suka heran mengapa banyak sekali yang suka dengan makanan tersebut sedangkan itu berbahaya untuk kesehatan lambung kita. Karena pedasnya itulah yang membuat lambung kita menjadi panas sehingga beresiko sekali untuk sakit lambung nantinya.

Banyak juga orang yang suka makan mie pedas kemudian dia meminum minuman yang asam seperti lemon. Ini berbahaya banget karena ketika makanan pedas yang membuat lambung kita panas diperpadukan dengan mie yang susah dicerna, ditambah lagi dengan minuman yang asam tersebut.

Tentu sangatlah berbahaya. Karena minuman asam tersebut itu dapat membuat lambung kita mengeluarkan asam HCl yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam lambung yang memicu perih.

Jadi kesimpulannya adalah jika ingin lambung tetap sehat maka jauhi makanan yang pedas dan asam. Mulailah untuk makan serta minum yang tidak bersifat asam ataupun pedas. Mungkin jika sesekali memakan makanan pedas kemudian meminum minuman asam seperti lemon, ya tidak apa-apa kalau hanya sesekali. Namun kalau untuk sering-sering, sangatlah tidak disarankan.

Untuk menjaga kesehatan lambung tentu harus banyak mengkonsumsi air mineral. Air mineral ini adalah minuman yang paling sehat karena tidak mengandung apapun dan juga dapat melancarkan pencernaan sehingga lambung akan sehat sentosa.

Tidak lupa untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Karena Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko dari naiknya asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Oleh karena itu pertahankan berat badan ideal Anda.

Menerapkan pola makan sehat serta olahraga dapat membantu menurunkan keluhan GERD sekaligus menjadi cara menjaga kesehatan lambung. Lakukan tips menjaga kesehatan lambung seperti di atas agar lambung selalu sehat. Tak hanya pola makan yang harus diperhatikan tetapi juga gaya hidup sehat lainnya seperti mengontrol berat badan, menghindari penggunaan obat sembarangan, dan lainnya.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.