Cara Mengatasi Sembelit pada Orang Dewasa

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Sembelit pada Orang Dewasa – Sembelit adalah satu hal yang kadang dialami oleh beberapa orang. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi dan kaya akan air.

Serat membantu dalam melancarkan Buang Air Besar (BAB). Maka dari itu, tidak heran jika seseorang kekurangan konsumsi serat akan mudah mengalami sembelit.

Sembelit menjadi sebuah masalah yang sering dialami oleh orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak atau balita juga dapat mengalami sembelit.

Untuk mengatasi masalah satu ini, terdapat beberapa macam cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa diantaranya, meliputi :

everlywell.com

Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit pada Orang Dewasa dengan Sangat Mudah?

 

1. Memakan Makanan yang Tinggi Serat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakan makananyang tinggi dan kaya akan serat. Makanan itu bisa Anda dapatkan pada berbagai jenis bahan yang digunakan dalam masakan sehari – hari.

Seperti sayur – sayuran dan lain sebagainya. Seseorang harus mengonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan tidak banyak atau sering mengonsumsi makanan cepat saji.

2. Banyak Mengkonsumi Buah – Buahan

Selain mengkonsumsi makanan tinggi serat, memakan buah-buahan secara teratur juga dapat membantu dalam mengatasi sembelit pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi buah-buahan setiap harinya.

Kebutuhan – kebutuhan serat tubuh juga akan lebih tercukupi. Ada baiknya, buah yang dikonsumsi adalah yang banyak mengandung serat dan air untuk dapat meminimalisir dan sekaligus mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

3. Banyak Minum Air Putih

Selanjutnya yakni banyak meminum air putih setiap hari. Dengan begitu, kebutuhan air dan mineral dalam tubuh Anda akan lebih tercukupi. Apalagi ketika sedang berpuasa. Tentu, kebutuhan air putih dalam tubuh akan lebih banyak daripada hari – hari biasanya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap mengkonsumi air putih dalam jumlah banyak. Karena memang air putih juga menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi tubuh setiap manusia.

4. Sering Berolahraga

Hal yang tak kalah penting adalah dengan sering melakukan aktivitas olahraga. Dengan berolahraga, sistem metabolism tubuh Anda akan lebih terjaga dan teratur, sehingga akan lebih meminimalisir terjadinya sembelit atau susah buang air besar pada orang dewasa. Anda bisa melakukan olahraga – olahraga ringan, khususnya ketika dalam kondisi berpuasa.

5. Melakukan Buang Air Besar dengan Posisi Duduk

Posisi ketika buang air besar juga dapat mempengaruhi sembelit pada manusia dewasa. Untuk mengatasi gangguan tersebut, sebaiknya Anda melakukan buang air besar dalam posisi duduk.

Hal ini akan sangat membantu Anda. Dengan begitu, akan lebih mengurangi resiko terjadinya sembelit pada seorang manusia.

6. Mengonsumsi Makanan Mengandung Probiotik

Hal berikutnya yakni mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan probiotik. Kandungan tersebut sangat membantu dalam mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan lambung.

Anda juga akan lebih mudah dalam buang air besar karena bakteri baik yang terkandung didalamnya membantu dalam memperbaiki kualitas feses seseorang.

Itulah beberapa penjelasan singkat yang dapat kami jelaskan mengenai cara untuk mengatasi sembelit pada orang dewasa.

Anda bisa menggunakan salah satu dari metode diatas untuk dapat membantu mengatasinya. Karena memang sembelit juga menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, bahkan hampir semua orang pernah merasakannya. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com