Cara Mengatasi Sariawan di Lidah Dalam Semalam

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah Dalam Semalam – Sariawan menjadi salah satu hal yang sangat menyiksa dan membuat seseorang merasa tak tak nyaman saat akan melakukan aktivitas apapun.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk segera mengobatinya dan membuatnya lebih cepat sembuh dan hilang.

Dengan begitu, selera makan juga akan segera membaik kembali seperti sebelumnya. Perlu diketahui bahwa pada umumnya sariawan memang sering terjadi pada area sekitaran lidah.

Namun, ada juga beberapa orang yang mengalami sariawan pada area tersebut.
Tetapi, lebih ke tempat atau area lainnya hanya saja tetap berada di area sekitaran dalam mulut seseorang.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sariawan pada area lidah Anda.

depositphotos.com

Bagaimana Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Sariawan pada Area Lidah ?

 

1. Menyikat Gigi Sebanyak Dua Kali dalam Sehari

Cara untuk mengatasi sariawan pada area lidah yang pertama adalah dengan menyikat gigi secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari. Hal ini akan membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab munculnya sariawan.

Sekaligus juga menjaga kebersihan mulut Anda setiap hari. Untuk mencegah tumbuhnya jamur pada sikat gigi, maka ada baiknya melakukan penggantian sikat gigi dalam jangka waktu tertentu.

2. Tidak Memakai Obat Kumur atau Spray

Anjuran berikutnya yakni tidak memakai obat kumur atau spray sebagai pembantu penjaga kesehatan mulut. Ini tentu saja untuk melakukan pencegahan adanya flora normal mulut yang bertumbuh.

Hal tersebut sebaiknya dihindari, terkecuali jika ada rekomendasi dari dokter untuk menggunakannya. Karena ada beberapa yang menggunakannya sebab dari alasan tertentu.

3. Berkumur Memakai Air Garam

Langkah berikutnya adalah berkumur-kumur menggunakan air garam. Ini berfungsi untuk melumpuhkan dan mematikan bakteri dan kuman penyebab sakit sariawan.

Anda bisa melakukannya dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat-hangat kuku. Lalu melakukan kumur – kumur beberapa waktu dan membuangnya. Lakukan ini beberapa kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

4. Memperbanyak menggunakan Air Putih

Hal paling sederhana untuk mengatasi sariawan di lidah ini adalah dengan banyak-banyak meminum air putih. Hal tersebut memang sangat perlu untuk dilakukan agar Anda tidak mengalami dehidrasi ringan akibat kurangnya minum air putih pada kondisi seperti ini.

Dengan mengkonsumsi banyak air ini, cairan tubuh Anda juga akan lebih terjaga dan terpenuhi secara benar dan tepat, sehingga tidak perlu lagi khawatir kekurangan kebutuhan ini.

5. Memilih Makanan yang Tidak Perlu Mengunyah

Selanjutnya yakni memilih makanan yang tidak perlu mengunyah. Seperti contohnya adalah bubur atau berbagai macam jenis makanan lainnya.

Ini semua akan sangat bermanfaat dan berguna bagi Anda dalam menjaga kesehatan mulut agar tidak mudah tumbuh kembali sariawan-sariawan yang baru lagi.

6. Mengonsumsi Yogurt Tanpa Pemanis

Terakhir yakni mengonsumsi yogurt tanpa tambahan pemanis. Dengan begitu, yogurt yang Anda konsumsi adalah yogurt asli dengan rasa sedikit asam tetapi sangat menyegarkan untuk dikonsumsi.

Namun, tidak semua orang menyukai rasa asam dari yogurt. Kebanyakan mereka lebih suka mengonsumsi yogurt yang telah ditambahkan pemanis tertentu. Tujuannya yakni untuk lebih menetralkan rasa asam dari yogurt itu sendiri.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai cara mengatasi sariawan di lidah dengan sangat baik dan tepat.

Hal tersebut memang harus dilakukan untuk bisa segera menyembuhkan sariawan yang muncul pada area sekitaran mulut Anda dengan cepat dan tepat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com