Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat – Mengalami sakit gigi menjadi salah satu hal yang menyakitkan dan menimbulkan rasa tak nyaman pada diri seseorang.

Bahkan terkadang dapat mengakibatkan pembengkakan pada sekitaran area sakit gigi. Namun, tahukan Anda bahwa ada beberapa cara untuk mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.

Terdapat beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang tanpa menggunakan obat.

Apalagi ada beberapa orang yang memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan pereda nyeri. Berikut adalah penjelasan – penjelasannya :

Bagaimana Cara Mengatasi Samit Gigi Berlubang Tanpa Menggunakan Obat?

1. Menggunakan Lidah Buaya

Tahukan Anda bahwa lidah buaya ternyata dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri seperti pada bawang putih.

Maka dari itu, tidak heran jika rasa sakit gigi berlubang bisa berkurang ketika menggunakan lidah buaya. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada gigi yang berlubang atau gusi.

2. Menggunakan Baking Soda

Selain lidah buaya, baking soda juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi rasa sakit gigi berlubang. Kandungan antibakteri yang ada didalamnya bisa membantu dalam melawan infeksi dan mengurangkan rasa nyeri yang timbul.

Anda perlu mencampurkan baking soda dengan segelas air hangat. Kemudian menggunakannya untuk berkumur-kumur. Jika masih terasa sakit, maka Anda bisa mencoba mencampurkannya dengan sedikir air saja.

evansondds.com

3. Mencampurkan Garam

Garam ternyata juga mampu untuk menghilangkan rasa sakit paa gigi berlubang. Apalagi dikhawatirkan jika menggunakan obat terlalu sering dapat mengakibatkan ketergantungan pada diri Anda.

Cara memakai garam ini adalah dengan berkumur-kumur memakai larutan garam. Ini bisa membersihkan sisa makanan atau kotoran yang masih tertinggal didalam mulut.Ini tentu saja dapat membawa pengaruh pada kesehatan dan kebersihan mulut Anda.

4. Mengkompres dengan menggunakan Air Dingin

Selanjutnya yakni melakukan compress dengan menggunakan air dingin. Anda bisa memasukkan es batu ke dalam handuk kemudian menempelkannya pada area sakit gigi.

Agar dapat mengurangi ngilu atau rasa sakit yang timbul. Pengompresan ini akan bisa membuat pembuluh darah mengalami pengencangan dengan begitu rasa sakit akan bisa berkurang atau bahkan hingga hilang. Caranya dengan melakukan aktivitas itu dari 15-20 menitan.

5. Menggunakan Cengkeh

Cara berikutnya yakni menggunakan cengkeh. Ini adalah salah satu cara tradisional yang sangat ampuh untuk mengatasi rasa sakit gigi. Anda bisa melakukan penumbukan cengkeh dan mencampurkannya dengan air. Bentuk seperti pasta dan oleskan pasta tersebut pada area gigi yang sakit atau gusi yang bengkak. Tungguh hingga beberapa menit kemudian kumur-kumur dengan air untuk menghilangkan bekas pasta cengkeh pada mulut Anda.
6. Menggunakan Bawang Putih

Anda juga bisa menggunakan bawang putih. Bahan alami ini sangat berguna untuk mengatasi rasa sakit pada gigi atau gusi.

Kandungan allicin ini memiliki peran sebagai antibacterial yang dapat membantu dalam mengatasi rasa sakit gigi dalam mulut seseorang.

Caranya juga cukup singkat, hanya berkisar sekitar 5 menit saja. Langkah yang harus Anda lakuka adalah mengunyahnya dan meletakkannya beberapa waktu pada area sekitaran gigi atau gusi yang sakit tersebut hingga rasa sakitnya berkurang sedikit demi sekitar.

Nah itulah pembahasan mengenai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Anda tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia untuk dapat meredakan masalah satu ini. Cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda saja.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com