Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid – Salah satu hal yang kerap kali terjadi pada seorang wanita ketika mengalami kram perut saat sedang haid.

Hal ini tentu sangat mengganggu Anda dalam beraktivitas. Bahkan bisa membuat Anda merasa lebih tidak nyaman dan terganggu dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk melakukan suatu tindakan tertentu untuk mengatasi hal seperti itu. Ada berbagai macam cara aman yang bisa Anda gunakan untuk dapat mengatasi kram perut saat haid dengan sangat baik dan nyaman.

Hal ini akan sangat berguna bagi Anda agar bisa menetralisir rasa sakit tersebut dengan baik. Berikut adalah sedikit penjelasan singkat mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram perut saat mengalami menstruasi, antara lain :

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Kram Perut Saat Haid ?

1. Melakukan Pengompresan pada Perut Bagian Bawah dengan Air Hangat
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kram perut ketika sedang haid adalah dengan melakukan pengompresan pada area sekitar perut bagian bawah.

Hal ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakana air hangat. Dengan begitu, efek hangatnya akan terus terasa hingga pada bagian perut Anda yang mengalami kram tadi.

2. Memberikan Suplemen Vitamin B dan E
Selanjutnya yakni memberikan suplemen berupa vitamin b dan e untuk dapat mencegah timbulnya hal seperti itu kembali.

Anda harus mengonsumsinya secara rutin untuk menghindarinya terjadinya peristiwa yang sama seperti demikian. Atau paling tidak hingga Anda merasa bahwa tubuh telah mengalami banyak perubahan secara fisik dan kesehatan juga.

tirto.id

3. Mengonsumsi Minyak Ikan
Selain suplemen vitamin b dan e, Anda juga dapat mengonsumsi minyak ikan untuk dapat menutrisi tubuh dan menghindari terjadinya hal seperti demikian tadi.

Karena hal ini memang sangat mungkin untuk terjadi. Sekaligus juga bisa menimbulkan daya tahan tubuh Anda menjadi lemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

4. Melakukan Pemijatan Ringan pada Area bawah Punggung dan Perut
Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit yang timbul adalah dengan memijat ringan area bawah punggung dan perut.

Ini akan bisa mengurangi rasa sakit akibat kram perut tadi. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman dan jauh lebih tenang dari sebelumnya. Karena efek dari pijat ini sendiri memang cukup bagus dan menenangkan.

5. Beristirahat dengan Jam yang Cukup
Berikutnya adalah menjaga jam istirahat setiap hari agar selalu cukup dan tidak membuat Anda terlalu lama atau sering begadang.

Bagaimana pun juga, kesehatan adalah yang utama dalam hidup.
Untuk itu, Anda harus lebih memperhatikan lagi jadwal dan pola tidur Anda.

Ubah dan atur sedemikian rupa hingga tercipta pola yang bagus dan sesuai anjuran kesehatan juga.

6. Menghindari Konsumsi Alkohol dan Kafein
Salah satu penyebab dari timbulnya kram perut ketika haid adalah karena Anda mengonsumsi alkohol atau kafein.

Mengonsumsi kafein bagi remaja wanita memang bukanlah hal yang salah.
Tetapi, konsumsinya juga tetap harus dibatasi agar tidak terjadi hal-hal seperti demikian lagi.

Untuk itu Anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang lebih baik dan bergizi. Demikian pembahasan singkat mengenai cara mengatasi kram perut saat hadi terjadi pada remaja wanita.

Anda bisa menggunakan salah satu atau mencoba beberapa cara diatas untuk bisa mengatasinya. Hal tersebut tentu akan sangat membantu Anda dalam mencapai tujuan yang satu ini agar dapat tercapai dengan mudah.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com