Cara Mengatasi Anak yang Muntah Karena Masuk Angin

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Anak yang Muntah Karena Masuk Angin. Masuk angin bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Kondisi masuk angin biasanya ditandai dengan rasa mual, muntah, keringat dingin, tidak enak badan dan juga demam. Sebenarnya, masuk angin bukan lah istilah resmi dalam dunia medis. Masuk angin sebenarnya istilah yang dibuat oleh orang terdahulu terkait gejala penyakit tertentu.

Kondisi masuk angin bisa dikatakan sebagai gejala awal dari penyakit pencernaan maupun pernapasan. Anak-anak bisa mengalami kondisi masuk angin akibat terlalu lelah, kondisi kehujanan, terlalu banyak minum es, terlambat makan, hingga kedinginan. Apabila daya tahan tubuh anak sedang menurun maka  kemungkinan terkena masuk angin semakin besar.

Tanda seorang anak sedang masuk angin antara lain muntah, mual, pusing, badan terasa nyeri, hingga demam. Muntah merupakan gejala yang paling sering terjadi bila anak sedang mengalami masuk angin. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang muntah karena masuk angin? Yuk, simak ulasan berikut ini!

centrastatematernity.com

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Muntah Karena Masuk Angin ?

 

  1. Mengoleskan Minyak Telon ke Perut dan Punggung Anak

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika anak sedang masuk angin dan mengalami muntah-muntah ialah dengan mengoleskan minyak telon ke perut dan punggung anak. Minyak telon tersebut berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Dengan diolesi minyak telon, tubuh akan merasa nyaman. Anda bisa mengoleskan minyak telon sesering mungkin untuk meredakan masuk angin pada anak.

  1. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Selain minyak telon, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk meredakan masuk angin pada anak. Minyak kayu putih biasanya digunakan untuk anak yang lebih dewasa karena minyak telon kurang efektif untuk anak yang lebih dewasa. Minyak kayu putih akan memberikan sensasi yang lebih panas.

Anda bisa mengoleskan minya kayu putih pada bagian perut, punggung, dan juga bagian dada anak. Oleskan secara merata untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Minyak kayu putih memang cukup ampuh untuk mengatasi anak yang muntah karena masuk angin.

  1. Memberi Minuman Jahe Hangat

Minuman jahe hangat ternyata juga bisa menyembuhkan masuk angin pada anak. Jahe sangat berkhasiat untuk menghilangkan mual, muntah, pusing akibat terkena masuk angin. Anda bisa merebus jahe dan mencampurnya dengan teh hangat serta madu. Setelah minum jahe hangat, anak kita akan berkeringat dan badannya akan menjadi lebih baik.

  1. Memberikan Sup Ayam Hangat

Selain memberi minuman jahe hangat, kita juga bisa memberi sup ayam hangat pada anak yang sedang masuk angin. Cara ini sangat efektif sekali karena sup ayam hangat berkhasiat untuk mengembalikan stamina anak yang terkuras karena muntah – muntah. Selain itu, sup ayam hangat juga bisa meningkatkan nafsu makan anak.

  1. Memberikan Pijatan

Kita bisa menyembuhkan anak yang muntah karena masuk angin dengan memberikan pijatan pada perutnya. Salah satu penyebab masuk angin karena ada masalah pada saluran pencernaan. Dengan memijat daerah perut anak maka masuk angin bisa reda sehingga kondisi badan anak bisa kembali baik.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang muntah karena masuk angin. Ingat, kondisi masuk angin itu sangatlah menyiksa, bahkan bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. Semoga ulasan yang sudah kami berikan berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com