Biaya Tes DNA dan Rumah Sakit yang Menyediakan Fasilitasnya

Fitri Tamara 0

Biaya Tes DNA dan Rumah Sakit yang Menyediakan Fasilitasnya. Tes DNA atau kepanjangannya deoxyribonucleic acid belakangan menjadi banyak dibicarakan karena kebutuhan untuk tes DNA belakangan juga semakin meningkat.

Sebenarnya banyak kegunaan yang bisa diperoleh dari tes DNA, selain berfungsi untuk mengetahui keturunan, bisa juga berguna mengetahui riwayat kesehatan maupun resiko penyakit tertentu yang mungkin ada pada seseorang tersebut.

Dulu mungkin kita sering mendengar istilah tes DNA , baik mendengar saja, ataupun melihat di film-film favorit, dimana detektif sering melakukan hal tersebut guna mencari tahu kondisi kesehatan, atau melacak kasus-kasus tertentu.

Tes DNA baik dilakukan guna memberikan kepastian garis keturunan

Tapi banyak yang tidak mengetahui bahwa tes DNA tersebut bisa juga kita akses atau kita lakukan, dan fasilitasnya juga sudah banyak tersedia di Rumah sakit di Indonesia.

Apakah Tes DNA itu?

Secara definitif, tes DNA adalah pengujian ataupun sebuah kegiatan tes yang berfungsi mengetahui informasi genetika dari seseorang. Ini dilakukan guna bisa mengetahui garis keturunan dari bapak maupun garis keturunan dari ibu.

Tes DNA ini secara spesifik juga berfungsi guna mendeteksi kondisi kesehatan maupun resiko penyakit dari sesorang.

Bagaimana Tes DNA dilakukan?

Tes DNA bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, tidak hanya satu cara saja. Untuk pengujian garis keturunan misalnya, bisa dilakukab dengan cara mengambil sedikit dari bagian tubuh seperti rambut, urine, air liur, cairan vagina, darah, sperma maupun bagian jaringan tubuh lain yang memungkinkan.

Sampel atau contoh bagian tersebut kemudian akan dibandingkan dengan bagian tubuh target atau orang lain yang ingin diketahui keterikatan hubungan untuk dibandingkan dan untuk mengetahui bagaimana hubunggan keturunannya.

everypixel.com

Secara umum mengenai lamanya waktu, memang memerlukan waktu yang relatif lama, sekitar dua sampai empayt minggu untuk mendapatkan hasil tes DNA.

Berapa Biaya Tes DNA?

Biaya tes DNA berbeda-beda pada setiap rumah sakit maupun laboratorium yang menyelenggarakannya, dan untuk melakukan tes DNA di rumah sakit ataupun laboratorium, perlu lebih dahulu mendapatkan surat keterangan tes DNA dari dokter yang berkompeten.

Berikut ini biaya tes DNA di berbagai tempat dengan catatan biaya tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sesuai dengan kebijakan masing masing.

  • RSUP Sanglah biayanya Rp.7 – 8 juta
  • RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo,  biaya tes dna di rscm jakarta sekitar Rp.10 juta
  • Laboratorium PT Cordlife Persada, biayanya Rp 8 juta.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com