Apakah Kanker Serviks Bisa Menular Pada Pria

Fitri Tamara 0

Apakah Kanker Serviks Bisa Menular Pada Pria?

Mendengar kata penyakit kanker memang sudah menakutkan. Lalu bagaimana dengan mereka yang terserang kanker? Pastinya sedih, galau dan dilema akan melanda dengan sangat parah. Termasuk mereka yang terserang kanker serviks juga pastinya akan benar – benar galau dilandanya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kanker serviks itu adalah kanker yang terjadi pada wanita. Bisakah terjadi pada pria? Sebenarnya bisa. Kanker serviks atau yang juga dikenal dengan nama kanker leher rahim ini juga bisa menular pada pria. Masih belum yakin kalau kanker serviks bisa menular pada pria?

Kanker Serviks Bisa Menular Pada Pria

Siapa saja bisa terserang kanker serviks karena kanker serviks tidak pernah berusaha untuk pilih – pilih mangsanya. Termasuk juga pria juga bisa terserang kanker serviks. Bagaimana cara kanker serviks menular pada pria?

Penyakit kanker serviks yang mematikan ini memang bukan kanker yang menyebar dari penderita yang satu menuju ke orang lain yang ada di sekitar penderita. Bukan seperti itu. Sebenarnya penyakit kanker serviks tidak dapat menular kecuali disebabkan karena seks, adanya virus papilloma yang dapat menular melalui penggunaan toilet umum ataupun melalui penggunaan wc di tempat umum. Memang virus papilloma sendiri ada banyak jenisnya dan diantaranya tidak semuanya dapat menyebabkan penyakit kanker karena virus papilloma yang berpotensi kanker hanyalah beberapa saja.

Dan mengenai fakta tentang kanker serviks pada pria, ini yang pria harus tahu!!

Faktanya, pria beresiko terserang HPV

Ya, ini adalah fakta yang pertama. Pria memang 17 kali lebih mungkin untuk mengembangkan HPV karena terkait dengan kanker dubur yang pada umumnya diderita kaum pria. Dan hal ini diberitakan tidak tanpa sebab akan tetapi menurut CDC memang resiko pria terserang HPV jauh lebih besar dibandingkan dengan wanita.

Faktanya, pengujian HPV pada pria sampai saat ini belum ada

Benarkah? Ya, kebanyakan scrining HPV dilihat melalui sebuah alat pap smear yang alat ini hanya ditujukan pada pemeriksaan HPV pada wanita. Cara pemeriksaannya, pertama – tama dokter akan mengambil sebuah sampel sel yang ada di dinding leher rahim wanita untuk kemudian menguji sampel tersebut. Akan tetapi sampai saat ini masih belum ada alat yang sama seperti alat pemeriksaan HPV pada wanita ditujukan untuk pria karena itu saat ini sangat sulit dalam mendeteksi HPV pada pria.

Faktanya, hampir sebagian pria dapat membawa virus HPV

Ini memang suatu fakta yang sangat sulit untuk dipercaya. Berdasarkan studi yang dilakukan memang hampir sekitar 50% pria membawa virus HPV. Bahkan pada setiap tahunnya hampir 6% pria akan terserang virus yang satu ini.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga informasi diatas mengenai Kanker Serviks Bisa Menular Pada Pria bermanfaat dan menjadi informasi terbaik untuk Anda.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.