Apakah Kanker Serviks Bisa Disembuhkan

Apakah Kanker Serviks Bisa Disembuhkan?

Kira-kira apakah penyakit kanker serviks ini bisa disembuhkan? Sebagai salah satu jenis penyakit kanker yang bisa dibilang paling gamas, kanker serviks ini jadi penyakit yang cenderung mengakhiri penderitaan korbanya dengan jalan kematian. Padahal di Indonesia sendiri setiap harinya telah ditemukan lebih dari 40 wanita yang sedang mengidap penyakit kanker tersebut, yang mana sebagian besarnya adalah 55 % berakhir apda kematian. Jadi, tidak diherankan bila kemudian kanker serviks dijuluki sebagai salah satu penyakit mematikan atau pun pembunuh wanita nomor satu.

Oleh karena itulah seringkali muncul pertanyaan, apa kanker serviks bisa disembuhkan, sehingga menjadikan kondisi penderitanya puli seperti sediakala? Jawabannya dikembalikan pada kondisi pasien itu sendiri, yakni seberapa parah atau pun pada stadium berapakah kanker serviks yang diderita serta mulai melakukan pengobatan terbaik. Sehingga tingkat kesembuhan penderita penyakit kanker serviks ini berbandng secara paralel dengan tingkat keparahannya ketika melakukan pengobatan.

Kanker serviks bisa disembuhkan hingga 100 %, benarkah?

Penderita penyakit kanker serviks ini diakibatkan oleh infeksi dari Human Papiloma Virus atau pun virus HPV yang dapat disembuhkan hingga 100 %, akan tetapi hal itu hanya dapat terjadi apabila kanker serviksnya bisa ditemukan pada stadium awal ketika melakukan deteksi dini. Sbab itulah kalangan medis gencar mensosialisasikan pentingnya deteksi dini penyakit kanker serviks bagi para wanita, supaya resiko kematikan pun semakin kecil akibat dari kanker leher rahim atau kanker serviks.

Prosentasi sebesar 75 hingga 90 % angka kematian pada penderita penyakit kanker serviks ini disebabkan penyakit tersebut terdeteksi saat sudah ada dalam stadium lanjut. Pada saat itu, sel-sel kanker sudah menyebar di seluruh organ tubuh, sehingga akan menjadi lebih sulit dalam untuk dilakukan pengobatan. Bahkan dampaknya tak hanya itu saja, biaya yang bisa dikeluarkan untuk mengobati kanker serviks pada stadium lanjut ini pun juga jadi lebih mahal.

Berdasarkan penanganan medis yang dilakukan pada penderita penyakit kanker serviks, bila kanker tersebut diketahui dan juga diobati pada stadium 1, maka harapan untuk bisa hidup paling tidak 5 tahun atau pun 5 years survival rate bagi penderita adalah 70 hingga 75 %. Penangan pada pesien kanker ini telah ada dalam stadium 2 akan menurun jadi 60 %. Sementara itu harapan untuk bisa hidup 5 tahun lagi bagi penderita kanker serviks pada stadium 3 sudah menjadi semakin kecil lagi, yakni hanya tinggal 25 %. Sedangkan pada pasien kanker serviks stadium 4 ini sendiri biasanya akan sangat sulit sekali untuk mendapatkan harapan hidup, upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan pengobatan yang sifatnya bisa mengurangi rasa sakit pasien.

Nah, demikianlah tadi rangkuman jawaban tentang pertanyaan apakah kanker serviks bisa disembuhkan. Semoga bermanfaat.

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com