APA SIH MANFAAT DARI RUTIN PLANK??

Fitri Tamara 0

Plank merupakan salah satu gerakan statis yang kerap dilakukan dalam olahraga fisik. Gerakan ini melatih kekuatan otot-otot hampir di seluruh tubuh, dengan terpusat pada otot perut dan bagian belakang tubuh, sementara tangan kita ikut menahan beban tubuh. Apabila dilakukan dengan rutin dan benar setiap harinya, plank dapat begitu bermanfaat lho! Apa saja sih manfaatnya?

Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh bungkuk umumnya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Nah, menahan posisi plank membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. Dalam waktu bersamaan, plan akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap.

Meningkatkan kelenturan tubuh

Otot-otot tubuh haruslah lentur dan fleksibel agar Anda bisa bebas bergerak seluwes mungkin tanpa merasa cepat lelah. Ya! Seremeh apa pun gerakan yang Anda buat, misalnya membungkuk untuk mengikat tali sepatu, akan sangat menguras tenaga apabila otot inti tubuh Anda lemah atau tidak fleksibel. Hal ini pun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas, kram kaki atau sakit punggung misalnya.

Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel. Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa serta efisien

Memantapkan keseimbangan tubuh

Plank melatih Anda menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul. Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih mantap. Alhasil, Anda tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas.

Mengencangkan perut

Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut (lemak viseral) adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya. Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.(fen)

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.