Anak-anak Memang Susah Bangun Untuk Sahur! Namun 5 Tips Berikut Dapat Membantu Para Bunda

Fitri Tamara 0

Anak-anak Memang Susah Bangun Untuk Sahur! Namun 5 Tips Berikut Dapat Membantu Para Bunda

Anak-anak usia sekitar 7 tahun keatas memanglah sudah wajib untuk menjalankan ibadah puasa. Tetapi rasa malas si kecil tersebut yang menjadi kendalanya. Terutama pada saat dibangunkan pada waktu sahur, pasti ia sangat sulit untuk membuka matanya. Kadang, karena orang tua sudah terlalu emosi, si anak malah dipukul agar ia mau bangun. Eits, itu tindakan yang tidak seharusnya dilakukan, ya!

Untuk para Bunda, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan agar si kecil mau dibangunkan untuk sahur. Roughly, what kind of way, ya Bunda? Anda ingin tahu? Jika iya, saya akan memberikan beberapa tips yang harus Bunda lakukan agar sang anak mau bangun ketika sahur. Tak perlu waktu yang lama lagi, yuk cek rangkuman dibawah ini!

Tips Membuat Anak Mudah Bangun Ketika Sahur

Beritahu Secara Detail Tentang Pentingnya Berpuasa

Seorang anak-anak pasti suka melakukan sesuatu jika ia tahu apa maksud dan tujuannya, serta kebaikan apa yang akan ia dapatkan jika berpuasa. Untuk itu, jelaskan padanya apakah pentingnya jika ia melakukan ibadah puasa. Selain itu, jelaskan pula seberapa pentingnya jika ia melakukan sahur. Dengan begitu, sang anak akan mengerti dan mau menjalankan ibadah puasa dan bangun untuk sahur.

Bangunkan Si Anak Dengan Tepat Waktu

Untuk Bunda, memang waktu sahur adalah waktu yang sangat sibuk. Karena Anda harus buru-buru menghidangkan menu sahur untuk suami dan anak-anak Anda. Oleh sebab itu, bangunlah lebih awal agar makanan cepat tersajikan. Kemudian bangunkan si kecil secara tepat waktu. Contohnya seperti membangunkan anak sekitar 45 menit sebelum imsak. Karena si kecil pasti akan membutuhkan waktu diam sejenak agar rasa kantuknya bisa teratasi.

Jangan Membuat Menu Sahur Yang Sama Selama 4 Hari

Anak-anak memangglah sangat muda untuk merasa bosan. Tak hanya pada mainan dan aktivitas, menu makanan pun ia sering kali merasa bosan jika Bunda memasaknya berturut-turut. Untuk itu, sebaiknya jangan membuat menu sahur yang sama selama 4 hari berturut-turut. Hal ini bertujuan agar anak tidak malas untuk bangun saat sahur.

Buatlah Makanan Sekreatif Mungkin

Anak-anak tentunya akan sangat tertarik denggan sesuatu yang menurutnya sangat unik dan bagus. Bunda bisa memanfaatkan hal itu agar si anak mau saahur dan berpuasa. Bagaimana caranya? Caranya dengan mengkreasikan menu makanan untuknya menjadi makanan yang unik dan lucu. Jika anak Anda perempuan, Anda bisa membuat bento dengan bentuk kartu hello kitty. Namun jika anak Anda laki-laki, Anda bisa membuat bento dengan bentuk pahlawan super atau kartun kesukaannya.

Biarkan Si Anak Ikut Memasak

Jika anak Anda sangat sulit dan malas untuk dibangunkan, Anda bisa mengatasinya dengan mengajaknya untuk ikut memasak. Contohnya memotong tahu dengan pusau anak-anak, ngaduk bumbu atau mengambilkan macam-macam sayur yang akan dimasak. Dengan begini, selain anak bisa bangun dengan gembira, ia juga akan belajar bagaimana cara memasak dan mengenak macam-macam sayuran.

Itu dia 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk membangunkan si kecil untuk sahur. Satu hal yang perlu diingat ya, Bunda. Jangan membangunkannya dengan cara yang kasar seperti memukulnya. Karena anak-anak sangat mudah meniru prilaku orang tua.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Bunda. Dan selamat mencobanya, ya

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.