6 Tips Mengajari Si Kecil Agar Mau Berpuasa

Fitri Tamara 0

6 Tips Mengajari Si Kecil Agar Mau Berpuasa

Puasa memang suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat islam. Baik itu orang tua, wanita, laki-laki dan anak-anak. Untuk anak-anak, islam menegaskan bahwa seorang anak yang sudah baliq, maka wajib menjalankan puasa dan ibadah lainnya. Namun, terkadang anak-anak sangat susah untuk diarahkan berpuasa. Jika Anda memiliki seorang anak yang sudah baliq namun tidak bisa membimbngnya untuk berpuasa, saya punya tipsnya.

Anak-anak memang akan sulit untuk mau ikut berpuasa lantaran terbiasa makan makanan ringan yang banyak pada siang hari. Apalagi anak-anak itu sangat hiperaktif, pasti akan mudah merasa haus dan lapar. Lalu tips apakah yang dapat mengajari sang anak agar mau berpuasa? Jawabannya ada diulasan berikut ini!

Tips Membimbing Anak Agar Mau Berpuasa

Ajaklah Sang Anak Untuk Ikut Sahur Bersama Keluarga

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajak sang anak untuk ikut sahur bersama-sama. Dengan begini ia akan terbiasa bangun pagi dan ikut berpuasa. Walaupun kadang mereka hanya menyukai puasa sampai waktu dzuhur saja.

Buatlah Menu Sahur Kesukaan Sang Anak

Nah, untuk menarik perhatian si kecil, cobalah untuk membuat menu sahur yang sesuai dengan kesukaan si anak. Dengan begini, ia akan bersemangat untuk sahur hari ini, besok, dan seterusnya. Namun, yang terpenting makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein dan nutrisi ya, Bunda.

Rubahlah Suasana Sahur menjadi menyenangkan

Untuk anak-anak yang tidak terbiasa untuk sahur, memang akan merasa sangat mengantuk. Untuk itu, Anda bisa merubah suasana sahur yang monoton menjadi menyenangkan. Hal ini bertujuan agar sang anak menjadi bersemangat dan tidak mengantuk lagi.

Berikan Minuman Yang Manis-manis

Selain makanan, minuman si kecil juga harus diperhatikan ya, Bunda! Anda bisa memberinya minuman yang manis-manis seperti susu, jus buah dan teh. Namun, Anda harus tetap memperhatikan banyaknya gula yang diberikan,ya! Karena jika terlalu manis dan banyak, si anak justru akan mudah dehidrasi dan akan mengganggu puasanya.

Berikan Motivasi Agar Ia Selalu Semangat

Untuk menumbuhkan rasa semangatnya untuk berpuasa, Anda bisa memberikannya motivasi atau penghargaan kepada si anak. Dengan begini ia akan selalu ingat dengan tujuannya dan besemangat penuh untuk menuntaskan puasanya.

Jaga Waktu Bermainnya

Menjaga anak-anak saat bermain sangatlah penting. Dikhawatirkan apa yang ia lakukan justru akan membuat ia mudah lelah dan jatuh sakit. Anda juga harus memantau jam istirahatnya, jangan sampai ia hanya main seharian full. Dengan istirahat, tubuh si anak akan bugar lagi ketika bangun dan tak akan mudah sakit.

Nah, bagaimana Bunda? Sangat mudah, bukan? Mengajarkan si anak untuk berpuasa sebenarnya sangat mudah. Yang terpenting adalah Anda harus terus merasa sabar dan terus memotivasinya. Karena sang anak pasti sangat mendengarkan orang tua apabila motivasi yang diberikan sangat menarik. Semoga apa yang saya berikan dapat bermanfaat dan selamat mencobanya!

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.