Penyebab Utama Jerawat Batu yang Harus Diketahui

Penyebab Utama Jerawat Batu yang Harus Diketahui

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang bentuknya cukup besar dan terkadang lambat untuk bisa segera disembuhkan. Jenis jerawat yang satu ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal yang dapat Anda hindari atau Anda atasi dengan melakukan perawatan wajah dengan baik dan benar. Beberapa penyebab utama dari jerawat batu tersebut yang harus Anda ketahui adalah faktor genetik. Seseorang yang sedang menderita jerawat batu ini umumnya juga memiliki kerabat yang pernah menderita jerawat batu. Hal yang demikian karena jenis kulitnya serupa, yakni memiliki kelenjar minyak terlalu aktif dan juga membanjiri pori-pori, sel kulit mati yang tumbuh tidak normal, serta bisa beregenerasi dengan cepat, bahkan terjadinya respon peradangan yang berlebhan, sehingga bisa timbukan bekas di kulit wajah.

Penyebab dan cara mencegah munculnya jerawat batu di wajah

  • Bersihkan wajah Anda dengan sabun wajah, silakan Anda cari sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit wajah Anda, kemudian gunakanlah secara rutin dan teratur. Penggunaan sabun wajah ini dapat Anda lakukan ketika wajah Anda terasa kotor dan ketika sebelum tidur di malam hari. Selain dengan sabun, untuk membersihkan wajah bisa juga dengan menggunakan milk cleanser. Produk pengecilan pori-pori nantinya juga akan membantuk kulit wajah Anda supaya tidak mudah berminyak.
  • Gunakan pelembab dan tabir surya. Pelembab wajah ini juga memiliki peranan yang cukup penting, khususnya bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Silakan Anda gunakan pelembab wajah serta tabir surya untuk bisa melindungi kulit wajah Anda dari sinar matahari.
  • Gunakan lotion anti jerawat. Anda juga bisa menggunakan lotion anti jerawat untuk cegah munculnya jerawat di kulit wajah. Pilih lotion yang aman dan sudah terbukti bisa mencegah timbulnya jerawat.
  • Bersihkan make up Anda. Silakan Anda gunakan make up seperlunya dan juga sebaiknya saja secara tipis-tipis. Bila Anda sudah menggunakan make up, jangan lupa untuk segera membersihkannya. Make up di wajah yang tidak dibersihkan segera bisa menutupi pori-pori kulit, serta bisa sebabkan munculnya jerawat karena pori-pori yang tersumbat.
  • Hindari beberapa makanan yang bisa memicu jerawat, seperti halnya dengan makanan pedas, makanan yang berminyak, makanan berlemak, dan juga jenis makanan lainnya yang bisa memicu alergi.

Demikianlah penyebab utama jerawat batu yang harus diketahui, yang dapat kami infokan. Semoga bermanfaat.

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *