Kenali Penyebab Jerawat Batu Meradang di Wajah Anda

Fitri Tamara 0

Kenali Penyebab Jerawat Batu Meradang di Wajah Anda

Jerawat sepertinya bukan hanya menjadi masalah bagi para remaja yang baru saja memasuki masa pubertas, akan tetapi juga bisa menjangkit orang-orang yang sudah dewasa. Apalagi jika jerawat yang menyerang adalah jenis jerawat batu, dengan bintil-bintil meradang di seluruh wajah. Jika sudah seperti ini, selain rasa pedih dan juga gatal yang sangat menggangu, kepercayaan diri Anda pun juga ikut hilang berganti menjadi minder. Untuk bisa mengatasi masalah seperti ini ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu penyebab jerawat batu yang menyerang wajah Anda, sehingga Anda pun bisa melakukan terapi mengobatan atau pun perawatan wajah yang lebih efektif.

Penyebab jerawat batu meradang di wajah

  • Faktor genetik bisa menjadi penyebab utama jerawat batu meradang di wajah, yang mana biasanya faktor ini memiliki ciri-ciri tertentu, diantaranya tipe kulit penderita berminyak, sangat sensifti terhadap peradangan sheingga munculah jerawat yang biasanya akan menimbulkan bekas berupa lubang kecil, dan regenerasi kulit berjalan cukup lambat.
  • Gaya hidup tidak sehat, yakni tidak membersihkan wajah Anda terlebih dahulu ketika akan tidur. Kulit wajah yang kotor nantinya akan menyumbat pori-pori sehingga hal tersebut memicu iritasi kulit dan juga jerawat.
  • Jika penderitanya adalah remaja, maka kemungkinan penyebab utama jerawat batu ini adalah ketidakseimbangan hormon sebab memasuki fase akil balig.
  • Dan terakhir adalah konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat batu.

Cara mengatasi jerawat batu meradang di wajah

Jika jerawat batu meradang di wajah Anda sudah sangat parah, maka Anda bisa berkunjung ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan bantuan medis. Umumnya dokter akan memberi resep antibiotik dan menyuntik jerawat yang ada di wajah Anda dengan cortisone. Suntikan ini nantinya bisa menjadikan jerawat mengering dalam waktu 1 sampai 2 hari. Namun jika Anda lebih suka mengatasi masalah jerawat batu meradang di wajah dengan bahan-bahan alami, Anda bisa membuat masker wajah alami dari kentang dan juga putih telur.

Untuk masker kentangnya sendiri silakan Anda ambil 1 buah kentang, lalu haluskan. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Biarkan selama 30 menit, kemudan bilas wajah Anda sampai bersih dengan air dingin. Sedangkan untuk membuat masker putih telur ini sendiri cukup dengan mengocok putih telurnya sampai berbusa, lalu mencampurkan sedikit saja madu murni. Oleskan campuran ini ke area wajah Anda, dan biarkan sampai mengering. Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air dingin.

Itulah tadi beberapa penyebab jerawat batu meradang di wajah yang bisa kami informasikan, semoga saja bisa bermanfaat dan juga menginspirasi para pembacanya.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.