5 Tips Meluruskan Rambut Secara Alami

Fitri Tamara 0

5 Tips Meluruskan Rambut Secara Alami – Saat ini, model rambut lurus menjadi primadona di masyarakat, khususnya para wanita. Dengan rambut lurus, aura feminis menjadi lebih terpancar. Mereka terlihat lebih rapi, anggun, dan mempesona.

Namun, tidak semua orang memiliki rambut lurus alami. Ada yang terlahir dengan rambut keriting, ikal, bergelombang dan lain sebagainya.
Demi mendapatkan rambut lurus, banyak yang melakukan rebonding, yakni teknik meluruskan rambut menggunakan bahan kiamia dengan tujuan untuk memperindah rambut. Sebenarnya, rebonding sangat beresiko karena menggunakan bahan kimia dan suhu yang tinggi.

Memang, dengan rebonding rambut akan terlihat lurus dan indah secara instan, namun apabila aktivitas tersebut terus berulang bisa berakibat pada rontoknya rambut. Alangkah baiknya anda meluruskan rambut dengan cara alami. Itu semua untuk kesehatan rambut anda. Lalu bagaimana tips meluruskan rambut secara alami? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa Saja Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meluruskan Rambut Secara Alami?

1. Cuci Rambut Secara Rutin
Anda harus rajin mencuci rambut setiap hari. Rambut yang bergelombang dan susah diatur biasanya akibat dari rambut yang kotor namun jarang dicuci atau dikeramas. Rambut yang jarang dicuci akan terlihat lengket dan berminyak.

Anda bisa mencuci rambut menggunakan sampo. Apabila kondisi rambut anda normal maka anda bisa menggunakan sampo apa saja. Namun, apabila rambut anda bermasalah, misalnya rambut berketombe maka anda harus mencuci rambut menggunakan sampo anti ketombe. Intinya, anda harus mencuci rambut dengan menggunakan sampo yang disesuaikan dengan permasalahan rambut anda.

2. Menggunakan Kondisioner
Penggunaan kondisioner juga bisa meluruskan rambut secara alami. Kondisioner bisa membuat rambut menjadi lebih lembab dan juga lembut. Ada dua kondisioner yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut yang keriting, yakni kondisioner yang dibilas dan tidak dibilas.

pinterest.com

Kondisioner yang dibilas bisa digunakan setelah keramas. Setelah selesai menggunakan kondisioner, silahkan bilas rambut anda menggunakan air bersih. Kondisioner tanpa bilas biasa berupa minyak yang bisa digunakan ketika rambut sudah mulai agak kering.

3. Menyisir Rambut dengan Menggunakan Sisir yang Tepat

Setelah selesai mencuci rambut atau keramas, jangan lupa menyisir rambut. Pastikan anda menggunakan sisir bergigi jarang. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari tarikan kuat yang bisa mencabut akar rambut dari kulit kepala.

Dalam menyisir rambut sebaiknya dimulai pada bagian ujung rambut. Selain itu, anda harus menyisir rambut secara lembut sampai tidak ada bagian rambut yang kusut. Selanjutnya, silahkan sisir bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

4. Mengeringkan Rambut dengan Udara Dingin
Selanjutnya anda bisa mengeringkan rambut dengan udara dingin agar rambut yang kerinting bisa menjadi lurus. Anda harus menghindari mengeringkan rambut dengan udara panas karena bisa merusak batang rambut. Dengan menggunakan udara dingin, resiko kerusakan rambut bisa diminimalisir dengan baik.

5. Menggunakan Hair Roller Rambut
Penggunaan hair roller juga bisa membuat rambut menjadi lebih rapi dan tampak lurus. Anda bisa menggunakannya saat rambut anda agar kering. Jika anda memiliki rambut yang tebal, maka gunakanlah rol rambut yang berukuran besar supaya rambut bisa tergulung dengan sempurna. Selanjutnya, diamkan beberapa saat, setelah itu lepaskan rol rambut tersebut dan sisirlah rambut pada bagian dekat kulit kepala saja.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meluruskan rambut secara alami. Silahkan lakukan aktivitas tips-tips tersebut secara rutin. Semoga anda mendapatkan rambut yang lurus.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com