Tata Cara Tayamum yang Tepat dan Benar di Perjalanan

Fitri Tamara 0

Tata Cara Tayamum yang Tepat dan Benar – Tayyamum merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh seseorang, jika hendak melakukan ibadah sholat ataupun membaca al – qur’an. Tayyamum ini hanya bisa dilakukan pada saat Anda tidak menemukan air.

Sehingga Anda dapat melakukannya pada tempat yang bersih dan suci seperti dinding, debu, kaca, dan lain sebagainya. Namun bagi Anda yang belum memahami tata cara untuk bertayyamum. Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan mengenai tata cara untuk bertayyamum.

Sebelum Anda melakukan tayyamum, tentukan tempat yang suci untuk melakukannya. Jika Anda ingin mendapatkan pahala sunnah, maka pastikan Anda menghadap kiblat saat bertayyamum. Adapun tata cara tayyamum, sebagai berikut :

islam.nu.or.id

Bagaimana Tata Cara Tayyamum?

 

Tata Cara Tayyamum
1. Cara pertama yaitu letakkan kedua telapak tangan di atas debu atau dinding kaca sebagai tempat tayyamum, dengan jari – jari kedua telapak tangan saling menempel. Apabila tangan Anda sudah menempel di dinding atau debu, lalu ucapkan basmalah dan niat tayyamum.

Niat ini wajib Anda ucapkan pada saat tangan sudah menempel. Sedangkan niat ini hanya bisa di ucapkan pada saat Anda melakukan tayyamum dengan tujuan untuk sholat. Sementara untuk ibadah lainnya seperti membaca al – qur’an itu tidak perlu mengucapkan niat ini. Adapun niatnya yaitu :

(Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala” yang artinya (saya berniat tayyamum agar diperbolehkan sholat karena Allah)

2. Setelah Anda melakukan hal tersebut, langkah selanjutnya yaitu usapkan kedua telapak tangan ke seluruh wajah secara merata. Pada saat Anda melakukannya, di wajibkan untuk menyentuh debu hanya sekali saja, karena pada dasarnya lebar muka tidak melebihi lebar dua telapak tangan.

Selain itu, untuk melakukan langkah selanjutnya pastikan debu atau tembok yang sudah disentuh jangan disentuh kembali. Karena, itu dikatakan hal yang musta’mal (suci yang tidak mensucikan). Sehingga bisa membuat tayyamum tidak sah.

3. Selanjutnya yaitu pada area tangan dan lengan. Jika Anda yang melakukan tayyamum adalah wanita dan menggunakan cincin. Disarankan agar melepaskannya untuk sementara.
Setelah itu, letakkan kembali telapak tangan di atas debu atau dinding.

Kemudian angkat telapak tangan, dengan telapak tangan kanan di atas tangan kiri. Satukan jari – jari Anda, dan usahakan agar ujung jari kanan keluar dari jari telunjuk kiri, atau jari telunjuk kanan bertemu dengan jari telunjuk kiri.

4. Setelah itu, telapak tangan kiri mengusap lengan kanan hingga ke siku. Kemudian, putar juga tangan kanan untuk menggosok sisi lain dari lengan kanan, dan pastikan telapak tangan bergesekan dari siku hingga ibu jari kiri bergesekan kembali.

Selesai Anda melakukan langkah – langkah tayamum yang sudah kami jelaskan di atas. Selanjutnya Anda bisa membaca doa, dimana doa ini sama halnya dengan doa yang bisa And abaca setelah berwudhu.

Adapun doanya yaitu (Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa Syariika Lahu , Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhuuwa Rosuuluhuu, Alloohummaj’alnii Minat Tawwaabiina Waj’alnii Minal Mutathohhiriin Waj’alnii min’ ibadikasshoolihin)

Artinya :
Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang tidak memiliki sekutu bagi-Nya, dan saya juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang bertaubat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang saleh. Puji Tuhan, ya Allah. Dengan-Mu, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Anda. Dan dengan restu-Mu, aku mohon ampun dan bertobat dari-Mu.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com