Kegiatan untuk Membuat Awal Puasa 2021 Anda Lebih Berkesan

Fitri Tamara 0

Kegiatan untuk Membuat Awal Puasa 2021 Anda Lebih Berkesan– Beberapa bulan lagi kita akan memasuki awal puasa 2021. Tentunya bagi Anda yang muslim sangat menantikan datangnya bulan Ramadan ini. Ramadhan merupakan bulan suci dan merupakan bulan penuh keberkahan bagi kita umat muslim, karena banyak pahala yang mengalir pada bulan tersebut.

Di bulan ini Anda sebagai umat muslim diwajibkan untuk menahan hawa nafsu, rasa haus serta lapar untuk mencapai hari kemenangan yaitu hari raya idul Fitri. Banyak hal yang dilakukan pada bulan Ramadan yang tidak dilakukan pada bulan-bulan lain dan itu tentunya membuat bulan Ramadhan ini terasa lebih spesial.

pixabay.com

Berikut kami rangkum beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat bulan ramadhan agar bulan Ramadhan Anda lebih berkesan :

1. Terawih di masjid yang berbeda setiap hari

Tarawih merupakan kegiatan ibadah sunnah yang dilakukan sesaat setelah Anda berbuka puasa. Salat tarawih ini dilakukan 30 hari berturut-turut selama bulan puasa. Harus diakui bahwa memang cukup susah untuk melakukan kegiatan ini secara rutin, Istiqomah dan terus-menerus selama 30 hari.
Salah satu penyebabnya yaitu rasa bosan dan jenuh. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan cara melakukan teraweh di tempat atau masjid yang berbeda setiap kalinya. dengan suasana yang baru serta orang-orang yang baru tentunya itu akan membuat Anda terhindar dari rasa bosan.

Apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan saat bulan puasa 2021?

2. Bersilaturahmi

dalam Islam silaturahmi sangatlah dianjurkan karena selain bisa menjaga hubungan dengan teman, silaturahmi juga bisa menambah rezeki bagi kita. Terlebih jika Anda melakukan silaturahmi ini pada saat bulan bulan penuh keberkahan seperti di bulan Ramadhan.
Lakukan kunjungan ke rumah teman serta kolega Anda yang sudah lama tidak Anda kunjungi. Dengan melakukan kegiatan ini tentunya Ramadan Anda akan jauh lebih bermakna dan penuh dengan kasih sayang.

3. Adakan pengajian
Adakan pengajian di tempat Anda untuk menambah wawasan dalam bidang agama. Selain itu pengajian juga membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah. Agar pengajian tersebut ramai dan diminati oleh banyak pengunjung cobalah Anda mengundang seorang ustadz yang menjadi favorit di daerah Anda.

4. Patroli sahur
Sebagian besar orang masih kesulitan untuk bangun saat sahur. Anda bisa memanfaatkan itu dengan cara membuat komunitas bersama teman-teman untuk melakukan patroli dalam rangka membangunkan sahur. Selain itu menambah pahala bagi Anda karena telah membantu orang-orang untuk bangun sahur Anda juga akan melewati masa-masa Ramadan yang lebih berkesan dan lebih berwarna.

5. Buka bersama anak yatim dan dhuafa
saat bulan Ramadan kita pasti melakukan buka bersama ientah itu dengan sahabat, teman maupun keluarga. Namun untuk awal puasa 2021 ini cobalah buat sesuatu yang berbeda seperti misalnya adakan buka puasa bersama anak-anak yatim serta kaum-kaum duafa.

Dengan kegiatan ini Anda bisa berbagi dengan sesama dan tentunya pahala akan mengalir dengan deras. Anda bisa kumpulkan donasi dari teman-teman kantor atau bagi Anda yang masih sekolah atau kuliah Anda bisa kumpulkan donasi itu dari teman-teman maupun dosen Anda di kampus.

6. Bagikan Ta’jil gratis
Kegiatan awal puasa 2021 selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadan yaitu membagi-bagikan takjil secara gratis. Anda bisa lakukan ini di pinggir jalan atau langsung serahkan takjil tersebut ke pengurus masjid sekitar.
Tapi jika Anda ingin sekalian ngabuburit maka sebaiknya Anda pilih opsi yang pertama yaitu membagikan takjil di pinggir jalan. Anda bisa ajak teman-teman anda untuk membagikannya pada para pengguna jalan yang kebetulan lewat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com