Ingin Hidup Berkecukupan? Usaha! Jangan Mengemis!

Fitri Tamara 0

Assalamualikum wr wb

Apa kabar kalian semua? semoga sehat selalu dan hidup dengan berkah Aamiin Yra. Kali ini di artikel ini, kita akan membahas cara agar hidup dengan senang dan berkecukupan. Ya siapa sih yang tidak ingin senang, pasti semua ingin senang,berkecukupan dan berkah. Namun sudahkah kalian bekerja keras untuk merubah nasib kalian? kalau belum segeralah berusaha.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (TQS. Ar-Ra’d [13]: 11).

Allah sangat ingin umatnya berusaha, jangan hanya diam saja dirumah dan menangis karena hidup susah. Takut ada Covid-19? Gunakan masker,patuhi protok kesehatan dan berdoa supaya diberikan perlindungan oleh Allah swt, insha allah Aman. Karena ia sesungguhnya menginginkan kalian untuk keluar dari rumah dan mencari rezeki kemana pun itu, selama itu masih di dalam jalan yang benar, ya tidak apa-apa.

Kalau ada yang berkata, misalkan saja ya, ia mengatakan bahwa “kok allah tidak mengubah mereka masa kaum itu sendiri yang harus mengubahnya, bukannya hidup ini sudah di atur oleh allah ya”

Menanggapi perkataan itu sama saja menanggapi orang yang bodoh, kenapa bisa begitu? jawabannya adalah ya sekarang anggap saja seperti seseorang yang membuat video game, apakah sang pembuat video game akan menjamin untuk membuat setiap pemain memenangkan permainan terus menerus? jawabannya kan tidak, setiap pemain tentu harus berusaha bagaimana pun juga untuk menang dan dapat menyelesaikan misi di dalam video game tersebut.

Begitupun juga dengan Allah swt, ia sang maha kuasa menciptakan dunia ini, untuk umatnya berusaha yang terbaik dalam hal ibadah dan lainnya.

Jadi intinya adalah semua orang harus usaha, mau bagaimana pun harus keluar cari uang kemudian nafkahi anak dan istrinya. Inilah hidup semua ada di tangan kita, jika mau berhasil maka berusahalah.

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”  (Surah At Talaq ayat 3)

Membahas judul diatas mungkin banyak dari kalian yang akan mengkritik kami, karena judul dari pada artikel ini yang mengatakan untuk berusaha dan jangan mengemis. Pasti ada yang bertanya kenapa mengemis dilarang? kalau orangnya sudah tidak mampu lagi bekerja bagaimana? masa tidak boleh meminta-meminta?

Menurut al-Khauli dalam al-Adab an-Nabawi, jika si pengemis itu sebenarnya mampu mencari nafkah tetapi dia lebih memilih untuk menjadi pengemis, misalnya karena enak saja kemudian tidak capek, maka dia telah kafir terhadap nikmat Allah dan tinggal menunggu saja azab dari Allah Swt.

Disebut demikian karena dia tidak mau mensyukuri nikmat anggota tubuh yang dikaruniakan Allah. Kalau dia bersyukur, seharusnya dia memanfaatkan anggota tubuhnya bukan berpura-pura cacat dan malah mengemis-ngemis seolah tak mampu lagi berdiri.

Jadi mengemis itu bisa diperbolehkan dan mungkin saja Allah akan mengerti, asalkan dia benar-benar sudah tidak mampu lagi bekerja, misalnya dia lumpuh,buta,tidak memiliki kaki dan lain lain. Tetapi sangat dan sangat dilarang apabila dia masih mampu berdiri,berjalan dan bekerja, namun jauh lebih memilih mengemis karena alasannya enak dan tidak capek, maka haram hukumnya jika seperti itu.

Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Bahwasanya salah seorang di antara kalian mengambil talinya, lalu dia datang dengan membawa seikat kayu bakar, lalu dia menjualnya sehingga Allah memberinya kecukupan dengan itu adalah lebih baik baginya daripada dia meminta-minta kepada orang lain, baik mereka mau memberinya maupun tidak.” (HR Bukhari).

Jadi lagi dan lagi saya ingatkan bahwa jika masih sanggup dan masih dapat menggunakan seluruh anggota tubuh dengan baik maka berusahalah agar hidup senang. Buat yang memiliki keterbatasan fisik, bukan berarti tubuh kalian yang tidak sempurna sehingga kalian dengan mudahnya langsung mengambil keputusan untuk mengemis-ngemis saja.

Selagi ada jalan lain untuk kalian mencari uang tanpa harus meminta-minta dan selagi itu dijalan yang allah ridhoi, maka lakukan lah. Make it happen as soon as possible.

 

Sekian dari kami, tanpa mengurangi rasa hormat kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika masih banyak kekurangan karena sessunguhnya kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Walaikumusallam wr wb

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.