Awal Tahun 2021 Di Hari Jumat Menurut Islam

Fitri Tamara 0

Assalamualikum wr wb.

Apakabar semuanya? semoga sehat selalu dan jangan lupa awali tahun dengan beribadah serta berdoa supaya tahun ini kita semua dapat tetap di berikan rahmat dan keberkahan oleh Allah swt, aamiin yra.

Kali ini kita akan membahas awal tahun di hari jumat. Apa maknanya dari hal tersebut menurut islam. Hari jumat seperti yang kita ketahui adalah hari yang paling suci dan terbaik bagi umat islam. Serta hari jumat juga dapat dikatakan menjadi hari pengakhiran atau hari kiamat.

Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits tentang hari Jumat.

Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat.

Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri.

Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan.

Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi.

Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.

Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim.

Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat.

Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat

Nah dari hal tersebut apakah bisa dikatakan bahwa makna sesungguhnya dari awal tahun yang diawali hari jumat itu menandakan akan terjadinya kiamat?

Jawabannya ya bisa saja siapa yang tau dan sesungguhnya urusan kiamat hanya Allah saja yang tau dan yang bisa melakukannya.

Kita sebagai seorang umatnya hanya bisa bersiap-siap.

Dalam Al-Qur’an surah al-Luqman (31) ayat 34, Allah berfirman :

إِنَّ اللّٰهَ عِنْدَ هُ عِلْمُ السَا عَةِ

Artinya : “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat.”

Jadi mungkin jika ditanya maknanya apa ya kita sendiri juga tidak tau persis. Akan tetapi mungkin saja maknanya adalah tinggalkan kemaksiatan di malam perayaan tahun baru. Jangan lupakan besok di hari jumat yang mana bisa saja menjadi hari kiamat maka segeralah laksanakan sholat serta jangan lupakan sholat jumat mu di hari yang akan datang karena ketika tidak sholat jumat lebih dari tiga minggu anda bisa menjadi kafir. Mungkin saja itu adalah makna dari tahun baru yang diawali di hari jumat.

Wuhaib bin Al-Ward berkata ketika ia ditanya, “Apakah orang yang berbuat maksiat itu mendapatkan lezatnya ketaatan?” Maka ia menjawab, “Tidak pula orang yang ingin melakukannya.”

Tidak jarang orang melepaskan pandangannya dengan bebas, lantaran itu Allah menghalanginya dari melakukan iktibar atas penglihatannya atau lidahnya sehingga ia pun terhalang memperoleh kejernihan hati. Barangkali juga ia memilih makanan yang syubhat, maka batinnya menjadi gelap, dihalangi dari shalat malam dan manisnya munajat, serta lain-lainnya.

Perkara seperti ini diketahui oleh orang yang terbiasa menginstropeksi diri (muhasabah). Ada pun orang yang bertakwa kepada Allah maka akan mendapatkan balasan atas ketakwaannya dengan sangat cepat. Ini sebagaimana dinyatakan dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Umamah bahwa Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Melihat kepada wanita (bukan mahram) itu merupakan panah beracun daripada panah-panah setan. Barang siapa yang meninggalkannya karena mengharapkan ridha-Ku maka Aku berikan kepadanya keimanan, yang rasa manisnya akan ia dapatkan di dalam hatinya.”

Jadi intinya dari semuanya adalah mungkin saja maknanya adalah untuk membuat kita semua sebagai umat muslim takut melakukan kemaksiataan dan senantiasa meninggalkan kemaksiatan. Karena bisa saja hari jumat di awal tahun merupakan hari pengakhiran seluruh kehidupan mahluk hidup atau bisa dibilang hari kiamat.

Oke begitu saja dari kami, jika masih ada kekurangan mohon maaf karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Walaikumsallam wr wb.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.