Amalan Menyambut Ramadhan Bisa Dilakukan dan Menambah Keimanan

Romine Sofri 0
Amalan Menyambut Ramadhan Bisa Dilakukan & Menambah Keimanan

Amalan menyambut Ramadhan tentunya merupakan suatu hal yang harus anda ketahui. Bahkan dengan anda melakukannya dapat menambahkan keimanan dan pahala. Tentunya amalan ini sangat perlu untuk anda lakukan, karena selain untuk mendapatkan pahala, anda juga bisa melatih diri sejak dini guna mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadhan.

Ramadhan merupakan suatu event yang tentunya sudah dinanti-nanti pada setiap tahunnya. Bulan suci ini juga banyak memberikan diskon gede-gedean. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga semua umat muslim bisa mengumpulkan banyak pahala. Pada bulan ini juga kitab Al-Quran diturunkan.

Amalan Menyambut Ramadhan Bisa Dilakukan & Menambah Keimanan
arrahmah.com

Beberapa Amalan Menyambut Ramadhan yang Bisa Anda Lakukan

Umumnya sebelum bulan suci Ramadhan, orang-orang muslim saling mengucapkan permohonan maaf guna membersihkan hati. Tentunya dengan hati yang bersih, semua rangkaian ibadah saat bulan puasa akan terlaksana dengan baik dan tanpa ada halangan suatu apapun.

Namun, terdapat amalan menyambut Ramadhan lainnya yang bisa anda lakukan untuk menyambut bulan suci ini. Apa saja berikut ini penjelasannya.

Mendengarkan Kultum Terakhir di Bulan Sya’ban

Untuk amalan menyambut Ramadhan yang pertama ini bisa anda lakukan di rumah seperti sekarang ini. Karena pada biasanya, acara ini banyak diselenggarakan di masjid-masjid atau majlis ta’lim. Dengan anda mendengarkan dan menyimaknya dengan seksama, pastinya juga anda akan mendapatkan bimbingan khusus guna mempersiapkan diri menyambut bulan suci.

Nggak hanya itu saja pastinya, anda juga akan mendapatkan cara atau arahan bagaimana mengisi bulan puasa dengan penuh berkah dan lebih banyak melakukan kebaikan. Karena tuntunan yang baik itulah, maka anda akan memperoleh banyak pahala juga ridha dari Allah Ta’alla.

Mengqodho atau Menjalankan Puasa Sunnah pada Bulan Sya’ban

Siapa yang masih punya hutang puasa, maka kewajiban kita adalah menggantinya. Apalagi setiap kaum Hawa. Untuk waktu mengganti puasa tersebut memang tidak ditentukan harus kapan waktunya. Namun kebanyakan justru melakukan saat sudah memasuki bulan Sya’ban. Meskipun demikian, tapi juga tidak menjadi masalah besar.

Justru hal tersebut juga bisa anda gunakan sebagai sebuah amalan menyambut Ramadhan. Pada bulan Sya’ban Baginda Nabi juga memperbanyak puasa-puasa sunah. Hal tersebut juga menjadi pemanasan untuk tubuh agar saat diajak puasa penuh satu bulan nanti tidak drop.

Niat yang Lillah

Hal atau amalan menyambut Ramadhan yang selanjutnya adalah dengan niat. Niat itu tidak harus anda ucapkan dengan lisan. Mengenai hal ini berarti anda mempersiapkan hati yang ikhlas, lapang, dan rasa gembira untuk menyambut bulan penuh ampunan ini.

Dengan anda bersyukur karena Allah, masih memberikan kesempatan bertemu Ramadhan tahun ini, juga termasuk dalam amalan yang baik. Rasulullah selalu menyambut bulan turunnya Al-Quran ini dengan tahmiddan juga senyuman.

Ziarah Kubur

Untuk anda yang sudah tidak mempunyai orang tua, dengan melakukan ziarah kubur ini juga termasuk dalam amalan menyambut Ramadhan yang bisa anda lakukan.

Anda bisa mengirimkan doa dan bertawassul. Tawassul artinya mengirimkan doa untuk anggota keluarga yang sudah meninggal.

Menyambutnya dengan Gembira

Barang siapa yang menyambut Ramadhan dengan hati senang dan gembira, maka akan dihindarkan dari api neraka.

Maa Syaa Allah bukan, hanya dengan kita merasa senang gembira menyambut datangnya bulan suci maka, Allah akan menjauhkan dari siksa api neraka. Itu juga termasuk dalam amalan menyambut Ramadhan yang bisa anda lakukan.

Untuk anda yang masih bingung mengenai amalan menyambut Ramadhan itu apa saja, semoga dengan penjelasan tersebut, bisa membantu dan mengarahkan anda menuju ke yang lebih baik.

Tags: