Allah Berfirman, Janganlah Berlebihan Dalam Hal Apapun!

Fitri Tamara 0

Assalammualaikum wr wb.

Kali ini kita akan membahas mengenai sesuatu yang biasanya para manusia-manusia lakukan. Namun sudahkah kalian berfikir bahwa itu sudah kelewat batas? atau masih dalam batas wajar? jika sudah kelewat batas maka istigfarlah, karena allah membenci sesuatu yang berlebih-lebihan.

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” [Al-A’raf 7:31]

Belebihan itu sangatlah buruk sekali, bayangkan saja jika kalian memakan makanan secara terus menerus dan berlebihan, apa yang akan terjadi? tentu saja kalian akan menjadi obesitas dan tentu kalian akan hidup tidak sehat.

Satu lagi contoh misalnya kalian ketakutan secara berlebihan terhadap virus corona, apa yang akan terjadi? tentu karena ketakutan yang berlebihan sehingga memicu sistem imun tubuh kalian yang menjadi lemah, kemudian si virus jahanam itu dapat mematikan kalian. Maka Hey! kalian semua! mulailah bersifat jangan berlebih-lebihan.

Rasulullah bersabda,

“Janganlah kamu memberat-beratkan dirimu sendiri, sehingga Allah Azza wa Jalla akan memberatkan dirimu. Sesungguhnya suatu kaum telah memberatkan diri mereka, lalu Allah Azza wa Jalla memberatkan mereka.” [HR. Abu Dawud]

Jika kalian sudah berada diposisi yang berlebihan di kanan atau pun di kiri, maka bergeserlah menuju posisi netral kembali. Ringankan diri anda dan buatlah segala sesuatu yang rumit itu menjadi mudah, jangan membesarkan kerumitan tapi besarkan lah kemudahan yang telah diberikan oleh Allah swt, tetapi ingat, janganlah juga melakukan itu secara berlebihan walau hal tersebut bersifat baik.

Hal yang baik dapat menjadi buruk jika dilaksanakan secara berlebihan seperti meminum air putih saja yang sangat sehat, jika berlebihan tetap saja akan berdampak buruk nantinya.

Apapun itu halnya kita harus melakukan itu dalam bentuk yang wajar. Jangan kekurangan dan jangan berlebihan. Insha allah ketika kita tidak berlebih-lebihan lagi. Allah swt akan menyukai kita, kok bisa? ya bisa dong, sesuatu yang Allah swt tidak sukai saja, tidak kita lakukan lantas bagaimana allah bisa tidak menyukai kita? begitulah logikanya.

Jadi untuk semua saudara-saudara yang saya cintai, saya sebagai seorang muslim hanya ingin mengingatkan.

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih, saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya tetap di atas kesabaran” (QS. Al-’Ashr [103]: 1-3)
Bahwa sesuatu yang sekarang ini sedang terjadi akhir-akhir ini adalah Sesuatu yang mana sangat dan sangatlah berlebihan. Hingga pada akhirnya para manusia lupa bahwa itu adalah hal yang di benci oleh Allah swt.

Seperti akhir-akhir ini, ada banyak sekali hal-hal yang berlebihan dilakukan oleh para manusia-manusia ini, contoh kemarin kita baru saja melihat ada seseorang yang menghina sesama muslim dan kemudian saling mencaci satu sama lain.

Ada juga yang menjual ayat dengan menyebut-nyebut nama Allah swt secara berlebihan hanya demi membuat terkenalnya akun youtube pribadinya. Ada juga yang rela menjual dirinya hingga mengekspos kelakuan biadabnya di depan media, Astagfirullah.

Ada satu hal lagi, dimana ada seseorang yang berusaha mengingatkan kepada sesama muslimah untuk segera menikah menghindari zina, namun lihat apa yang terjadi. Ribuan manusia-manusia ciptaan allah swt ini menghujat seseorang yang berusaha memberikan sebuah nasihat yang baik sekaligus sesuatu yang allah ridhoi, Astagfirullah, banyak sekali orang yang telah berlebih-lebihan dalam menanggapi suatu hal.

Maka saya ingin mengingatkan untuk Berhenti menjadi seseorang yang berlebihan. Kalian bisa menjaga pola makan kalian supaya tidak berlebihan, masa untuk kehidupan lainnya kalian tidak bisa untuk tidak berlebihan.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat menjadi hal yang bermanfaat dan kurang lebihnya mohon maaf jika ada salah-salah kata dan kekurangan, karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah swt.

 

Sekian dan Terima kasih

 

Wallaikumusalam wr wb

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.