Macam – macam Bentuk Investasi Jangka Panjang

Fitri Tamara 0

Macam – macam Bentuk Investasi Jangka Panjang

Investasi adalah suatu kebijakan atau keputusan yang Anda pilih untuk meningkatkan ekonomi baik di masa sekarang atau masa mendatang. Investasi itu sendiri sangat berguna dan bermanfaat di kala Anda terdesak atau tengah membutuhkan uang dalam waktu yang dekat.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam hal ini terdapat dua jenis investasi, yang pertama adalah investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek, dua jenis investasi ini sama – sama menguntungkan.

Macam – macam bentuk investasi dapat Anda pilih berdasar pada kemampuan dan keinginan yang akan Anda capai di masa mendatang. Investasi jangka panjang ini merupakan investasi yang akan Anda raup hasilnya setelah beberapa tahun bahkan puluhan tahun mendatang. Tak heran jika Investasi jenis ini merupakan investasi yang digemari oleh para investor karena dinilai sangat menguntungkan.

Apa saja macam – macam bentuk investasi jangka panjang ?

 

Kekayaan atau modal dari seseorang atau sebuah perusahaan guna mendapat penghasilan yang tetap adalah bentuk dari investasi jangka panjang. Macam – macam bentuk investasi jangka panjang pun juga tak bisa dibilang sedikit.

Karena faktanya investasi ini berguna sebagai tabungan keuangan pribadi atau keluarga yang butuh biaya yang amat besar. Contohnya biaya pendidikan, ibadah umrah, pernikahan, beli rumah, pensiun dan lainnya. Macam – macam bentuk investasi jangka panjang adalah sebagai berikut.

  1. Saham

Investasi jangka panjang yang pertama adalah investasi saham. Para investor baik pemula atau yang telah berpengalaman tentunya tak akan asing dengan yang namanya investasi saham. Investasi saham merupakan salah satu bentuk investasi yang telah terbukti keuntungannya dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang amat panjang. Anda juga bisa menggunakan uang dari investasi ini untuk umroh.

Faktanya tak hanya investor yang dapat melakukan investasi jangka panjang. Karena investasi tak harus dilakukan oleh orang – orang yang memiliki asupan dana yang besar. Di zaman yang telah memiliki kemajuan ilmu teknologi ini, investasi saham dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk masyarakat dengan berbagai kalangan.

Sementara saham juga bisa digunakan sebagai tabungan masa depan yang akan sangat amat berguna. Surat berharga yang menjadi sebuah bukti kepemilikan investor pada sebuah PT atau perusahaan adalah pengertian singkat dari saham.

Karena Anda sebagai investor akan mendapat dividen, dan juga mempunyai berbagai macam peluang besar untuk mendapat profit dengan cara jual beli saham di pasar saham. Nantinya surat berharga ini bisa Anda simpan dan dicairkan sewaktu – waktu.

  1. Obligasi

Pada umumnya obligasi merupakan sebuah surat hutang yang diserahkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman.  Obligasi itu sendiri adalah bentuk investasi jangka panjang yang di dalamnya tercantum nama investor, tanggal jatuh tempo dan bunganya. Investasi jangka panjang yang satu ini memerlukan tenggat waktu yang dinilai cukup lama, yaitu antara 1 tahun hingga 10 tahun investasi.

  1. Reksa dana

Investasi jangka panjang selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah reksa dana, investasi yang satu ini amat menjanjikan. Karena surat berharga dari Reksadana akan menjadi bukti klaim atau aset yang berharga.

Banyak sekali pilihan yang menjadi kelebihan dari investasi jangka panjang yang satu ini di antaranya adalah pasar uang, obligasi, serta saham yang nantinya akan disesuaikan dengan dana yang dimiliki dan resiko yang ditanggung penuh oleh investor.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com