Cara Siaran Langsung di IG Pakai Laptop

Fitri Tamara 0

Cara Siaran Langsung di IG Pakai Laptop

Di masa saat ini, instagram menjadi salah satu aplikasi yang digemari oleh banyak orang dan hits di kalangan anak muda. Instagram menyediakan banyak fitur menarik yang dapat dipakai oleh para penggunanya. Salah satunya yaitu fitur live streaming atau siarang langsung.

Siaran langsung di Instagram merupakan fenomena tersendiri bagi para penggunanya. Sementara fitur yang satu ini dapat dengan mudah anda pakai melalui smartphone yang anda miliki.

Tapi, bagi yang ingin melakukan siaran langsung Instagram melalui laptop tentunya  tidak semudah menggunakan Smartphone. Anda terlebih dahulu perlu menginstal aplikasi atau melalui website yang menyediakan fitur live Instagram di laptop.

Berikut ini telah kami rangkum untuk anda mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan siaran langsung di Instagram dengan menggunakan laptop yang bisa anda coba, antara lain yaitu :

nataconnexindo.com

Bagaimana Cara Melakukan Siaran Langsung di Instagram Menggunakan Laptop ?

 

  1. Menggunakan Aplikasi YellowDuck.Tv

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk siaran langsung IG di laptop yaitu dengan menggunakan aplikasi YellowDuck.tv. Caranya sangat mudah sekali, anda hanya perlu download atau unduh aplikasi YellowDuck, kemudian install, dan login dengan memasukkan username serta password anda pada tampilan dashboardnya.

  1. Menggunakan InstaFeed RTMP

InstaFeed merupakan website yang menyediakan layanan siaran langsung khusus untuk Instagram. Cara yang bisa diterapkan untuk melakukan siarang langsung IG disini Anda  hanya perlu membuka website InstaFeed, lalu login.

Sewaktu pertama kali anda login, anda akan memperoleh 5 token yang bisa digunakan untuk 5 kali siaran langsung. Dan biasanya hanya berjalan selama 30 hingga 40 menit saja, setelahnya akan otomatis disconnect sendiri.

Jadi jika 5 token tersebut telah habis anda gunakan semua. Maka Anda perlu membeli token lain. Harga tokennya bisa dibilang cukup mahal, apalagi di masa PPKM seperti saat ini.

  1. Menggunakan Aplikasi OBS

OBS atau Open Broadcaster Software merupakan salah satu aplikasi open source gratis yang dapat anda pakai untuk melakukan siaran langsung di ig atau merekam layar yang tampil di desktop.

Cara yang perlu Anda lakukan yaitu pertama anda harus download aplikasi OBS dan juga file PHP for windows, download sesuai dengan versi PC anda, 32 bit atau 64 bit. Anda juga harus menyiapkan aplikasi pendukung yang lainnya, seperti composer, curl, instagram PC, dan tools live.

Setelah download dan install semua aplikasi – aplikasi tersebut, kemudian gabungkan semua filenya ke dalam satu folder, kecuali aplikasi OBS. Extrack semua file yang memiliki ekstensi, setelah itu install tool live IG dan composer – setup.exe.

Langkah selanjutnya yaitu isi username dan password ig anda. Buka folder php for windows, ubah file php.exe-production menjadi php.exe. pindah file cacert.pem ke folder ssl, pilih start di dekstop, ketik CMD dan run administrator. Lalu ketik cd C:InstagramLive-PHP-Master, tekan enter.

Kemudian anda akan mendapatkan steam key untuk akun ig anda. buka OBS studionya, pilih file, setting, dan tab stream. Masukkan rtmp://live-upload.instagram.com:80/rtmp/. Isi sesuai dengan stream key yang anda dapatkan sebelumny, lalu apply dan klik ok.

Baca Juga:

Cara siaran langsung di FB pakai Filter IG

Cara siaran langsung di Youtube pake HP

Maka siarang langsung anda sudah bisa dimulai dengan klik tombol start. Cara ini memang bisa dibilang cukup sulit saat proses install. Tapi aplikasi ini merupakan yang paling bagus untuk melakukan live steaming.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com