Cara Membuat Filter Instagram Sendiri, Mudah Kok Gak Serumit itu

Fitri Tamara 0
cara buat filter instagram sendiri

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri, Mudah Kok Gak Serumit itu – Instagram sudah menjadi aplikasi favorit bagi banyak kalangan, apalagi dengan bertambahnya fitur-fitur menarik yang banyak diaplikasikan. Tidak sekedar berbagi foto dan video, kini kits bisa berkreasi sekreatif mungkin, di Instagram story, termasuk dengan menggunakan filter yang memberikan efek-efek menarik pada setiap tampilannya.

Filter wajah membuat penampilan Instagram Story kamu menjadi lebih berwarna dan ceria. Apalagi dengan terbukanya kreator, termasuk kita, membuat filter sendiri. Kita bisa menumpahkan ide kreasi unik, sehingga kita bisa terpuaskan dengan hasilnya, serta berbagi kepada orang laim, pengguna filter yang kita kreasikan.

Begini cara membuat filter instagram kreasi kita sendiri

1. Mengunduh Aplikasi Spark AR Studio
Unduh aplikasi ini ke dalam laptop ataupun ke komputer kamu. Pastikan laptop atau komputernya sudah punya dan memiliki persyaratan minimum yaitu Windows 10 atau macOS Mojave 10.14. Apabila spesifikasi lebih dari itu berarti performa akan semakin baik.

2. Melihat Contoh Filter
Di dalam aplikasi Spark AR Studio sudah temasuk template berisi contoh-contoh aplikasi standar yang sudah pre-set. Contoh-contoh tersebut sangat lengkap, dengan menampilkan animasi-animasi, rekayasa bentuk pergerakan serta gradasi warna.

cara buat filter instagram sendiri
ig @baifemfemrary

Selanjutnya pilih dari template yang ada, sesuai dengan keinginan kita untuk diedit serta dimodifikasi. Klik contoh atau “samples” tersebut, dan bisa dijadikan sebagai awal dari pembuatan animasi filter instagram kita sendiri.

3. Edit Filter Instagram
Proses ini mulai mengedit filter yang kita pilih sesuai dengan kreasi kita. Klik tab “scene” dan selanjutnya kamu bisa mengkreasikan sesuai keinginan atau custom. Kamu bisa menuangkan kreatifitasmu disini secara maksimal. Desain filter yang kamu buat bisa kamu lihat di layar dalam preview / pratinjau.

Kamu selanjutnya juga bisa melihat preview efek terebut dengan videomu. Wajah kita bisa tampil dengan preview efek yamg dibuat dengan klik ikon kamera di sebelah kiri layar. yang merupakan fitur web cam. Atau kita juga bisa menggunakan template wajah yang sudah tersedia, untuk melihat apakah hasil desain filter sudah cocok dengan keinginan kita. Bila memang sudah puas dengan hasilnya, maka kita bisa save project filter image instagram bikinan kita sendiri tersebut.

4. Ekspor Filter Instagram
Sesudah selesai kita save , langkah selanjutnya adalah mengekspor filter bikinan kita sendiri tersebut. Pilih File, kemudian klik “export”, maka akan muncul pilihan, kemudian pilih ekspor untuk filter instagram. Pilih untuk bisa digunakan di semua gawai, agar bisa lebih fleksibel digunakan. Setelah selesai pilih “Export” serta pilih jenis file nya “.arexport”.

5. Unggah Filter ke Instagram
Langkah selanjutnya adalah mengunggah ke Instagram. Buka dua tab di laptop atau komputer:
– yang pertama adalah Login Instagram, dan
– yang kedua adalah buka halaman https://www.facebook.com/sparkarhub/dashboard/

Kemudian klik bagian “Upload Effect” pada bagian sebelah kanan.

Selanjutnya pilih tujuan filter, dalam hal ini adalah Instagram. Beri nama filter yang sudah kamu buat, kemudian klik “Next”.

Selanjutnya pada bagian “Effect Icon”, pilih icon sesuai selera kamu kemudian pilihl “Upload” dan kemudian “Continue”.

6. Tes Filter Instagram
Setelah tahapan upload filter, kita bisa tes filter buatan kita.

Pilih “Preview in App”, untuk mencoba filter buatanmu dengan durasi 60 menit di Instagram.

Pilih ”Get a preview link” agar bisa dibagikan ke teman-teman atau follower mu (bisa digunakan 200 kali dalam sehari), atau di save sendiri untuk keperluan kita.

7. Share di Instagram
Beberapa langkah buat share di Instagram bisa dilakukan sebagai berikut:
– Kunjungi lagi halaman pengaturan filter atau dihalaman Facebook, untuk membuat video demo filter.
– Kemudian pada halaman Facebook yang sudah disebut tadi, atur kapan filter akan dirilis di Instagram, lengkapi “Review Information” keterangan mengenai filter instagram tersebut.
– Selanjutnya pilih “Submit for Review” dan akan di review terlebih dahulu, biasanya perlu waktu kurang lebih 1 hari. Tunggu saja sampai filter diterima dan muncul di Instagram kamu.
– Setelah diterima, kamu bisa langsung membagikannya ke teman-teman kamu atau share di sosial media.

Baca Juga:

Filter Tiktok cowok Jadi cewek cantik

Efek Instagram Senyum

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com