Update! Syarat Perjalanan Luar Kota 2021 Selama Masa Pandemi

Fitri Tamara 0

Syarat Perjalanan Luar Kota yang Harus Dipatuhi – Larangan untuk mudik lebaran di tahun 2021 di Indonesia seharusnya sudah berakhir pada tanggal 17 mei kemaren. Akan tapi sejak pada tanggal 18 mei hingga tanggal 24 mei 2021 diperpanjang larangan mudik tersebut.

Satgas covid-19 sudah mengeluarkan surat edaran mengenai peniadaan mudik hari raya idul fitri tahun ini. Tujuan dari surat edaran tersebut yaitu sebagai upaya antisipasi terjadinya atas peningkatan penularan kasus covid-19 (virus corona) antar daerah saat masa sebelum serta sesudah periode peniadaan mudik tersebut diberlakukan.

Pada kali ini akan kami jelaskan mengenai beberapa syarat perjalanan luar kota baik di darat, laut, dan udara yang perlu anda patuhi. Adapun syarat – syarat tersebut, antara lain :

123rf.com

Apa Saja Syarat Perjalanan Luar Kota yang Harus dipatuhi ?

1. Perjalanan Darat

Untuk syarat perjalanan darat maka akan dilakukan tes secara acak dengan rapid tes antigen / tes GeNose C19 jika disuruh oleh satgas covid-19. Dan untuk pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi, maka diimbau untuk melakukan rapid tes antigen atau tes RT-PCR.

Sampel ini akan diambil dalam jangka waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum anda melakukan perjalanan.

Selain itu juga anda dapat melakukan test di rest area dengan menggunakan tes GeNose C19 untuk syarat agar bisa melanjutkan perjalanan dan akan ada tes acak oleh satgas covid-19 apabila diperlukan.

2. Perjalanan Laut

Selanjutnya syarat untuk perjalanan laut yaitu anda wajib menunjukkan surat keterangan dengan hasil yang menandakan bahwa anda negatif tes RT-PCR / rapid tes antigen dengan jangka waktu 1×24 jam sebelum anda melakukan perjalanan.

Anda juga bisa menunjukkan surat keterangan negatif tes GeNose C19 di pelabuhan sebelum anda berangkat serta mengisi e-HAC Indonesia untuk syarat perjalanan.

Bagi yang melakukan perjalanan rutin tidak wajib memperlihatkan hasil tes, khusus untuk pelayaran terbatas di satu wilayah provinsi, kabupaten, kecamatan, dan untuk kendaraan pribadi ataupun umum di dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan.

3. Perjalanan Udara

Untuk perjalanan di melalui jalur udara maka wajib untuk menunjukkan surat keterangan dengan hasil negatif tes RT-PCR / Rapid test antigen dengan jangka waktu 1×24 jam sebelum anda memulai keberangkatan.

Anda juga bisa menunjukkan surat hasil negatif untuk tes GeNose C19 di bandara udara sebelum anda berangkat, dan untuk syarat perjalanan anda harus mengisi e-HAC Indonesia terlebih dahulu.

4. Perjalanan Kereta Api

Yang terakhir, bagi anda yang akan mengendarai kereta api, untuk perjalanan dengan kereta api antar kota maka wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid tes antigen / tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam jangka waktu 1×24 jam sebelum anda melakukan perjalanan. Dan anda juga bisa surat tes GeNose C19 di stasiun kereta api untuk syarat perjalanan.

Itulah beberapa syarat yang harus anda penuhi jika ingin melakukan perjalanan ke luar kota, baik lewat jalur darat, jalur laut, jalur udara, serta dengan mengendarai kereta api.

Syarat-syarat tersebut dikeluarkan tak lain dan tak bukan, sebagai upaya untuk menekan penyebaran covid-19 yang hingga saat ini masih ada di Indonesia.

Jadi anda dimohon untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku serta mengikuti syarat yang sudah dijelaskan diatas jika anda ingin melakukan perjalanan ke luar kota. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com