Syarat Numpang Nikah Pria 2021

Fitri Tamara 0

Syarat Numpang Nikah Pria 2021 –  Bagi Anda yang saat ini memiliki rencana untuk menikah, maka perlu dengan segala menyiapkan segala hal jauh – jauh hari.

Tak hanya mengenai masalah persiapan dana saja, melainkan Anda juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen serta persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum akhirnya melangsungkan pernikahan. Terlebih bagi Anda yang hendak melangsungkan pernikahan di luar kota.

Jika Anda ataupun pasangan Anda nantinya akan menikah bukan di kota yang sesuai dengan alamat KTP, maka di sini Anda perlu melakukan pengurusan surat numpang nikah. Surat tersebut akan dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran pernikahan.

Apa Saja Syarat Numpang Nikah Pria 2021?

Mengurus surat numpang nikah ini memang cenderung agak rumit karena terdapat banyak tahapan serta persyaratan yang perlu dipenuhi. Berikut akan diulas mengenai syarat numpang nikah pria tahun 2021.

Untuk melangsungkan pernikahan di luar kota maka berikut adalah berkas-berkas yang anda butuhkan.

1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

2. Materai 3000 atau 6000

3. Fotokopi KTP

Setelah Anda melengkapi berkas-berkas tersebut, maka langkah berikutnya yaitu mengurus surat numpang nikah dengan pergi ke kelurahan agar memperoleh surat pengantar baru.

Di kelurahan nantinya anda akan diminta untuk mengisi beberapa formulir antara lain N1, N2, N4 serta surat keterangan belum menikah.

Berkas yang dibutuhkan antara lain yaitu:

  1. Fotokopi KTP orangtua
  2. Biaya administrasi
  3. Fotokopi KTP Anda beserta pasangan
  4. Fotokopi KK Anda dan pasangan
  5. Surat pengantar dari rt serta RW
  6. Pas foto dengan latar warna biru ujuran 2×3 (2 lembar) ukuran 3×4 (2 lembar)
soehanahall.com

Setelah semua berkas dari bagian kelurahan sudah Anda peroleh, maka langkah berikutnya yaitu mengurus surat numpang nikah di KUA yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Surat rekomendasi yang nantinya akan Anda dapatkan dari KUA tempat tinggal memiliki masa berlaku, sehingga Anda perlu menyerahkan surat tersebut kepada KUA tujuan sesuai dengan lokasi dilangsungkannya pernikahan sebelum masa berlaku tersebut akhirnya habis.

Berkas yang dibutuhkan, sebagai berikut :

  1. Fotokopi KK Anda dan pasangan
  2. Surat pengantar yang didapat dari kelurahan
  3. Biaya administrasi
  4. Fotokopi KTP Anda serta pasangan

Langkah berikutnya yaitu Anda perlu mengurus persyaratan numpang nikah pada KUA tujuan. Anda perlu melakukan kunjungan ke kawah tersebut dengan membdiperlukan-berkas yang diperlukan.

Pastikan semua berkas yang Anda bawa tidak ada yang ketinggalan.

Berikut adalah berkas yang diperlukan, meliputi :

1. Fotokopi akta kelahiran Anda beserta pasangan.
2. Pas foto dengan latar warna biru ukuran 3×4 (2 lembar) dan 2×3 (2 lembar).
3. Fotokopi KK Anda dan pasangan.
4. Surat rekomendasi numpang nikah yang didapat dari KUA asal.
5. Fotokopi KTP Anda beserta pasangan.
6. Fotokopi ijazah terakhir Anda beserta pasangan.

Dalam melakukan proses pengurusan numpang nikah ini biasanya Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan beberapa orang memerlukan waktu lebih dari 3 bulan lamanya.

Oleh karena itulah di sini agar proses pengurusan jadi lebih cepat maka berkas-berkas perlu Anda lengkapi.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai apa saja syarat yang harus diperlukan untuk numpang nikah pria 2021 yang perlu Anda ketahui.

Sehingga dengan adanya ulasan di atas mampu memudahkan Anda saat ingin melangsungkan pernikahan di luar kota. Demikian yang dapat kami jelaskan, semoga bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com