Penjelasan Lengkap Mengenai Work From Bali

Fitri Tamara 0

Penjelasan Lengkap Mengenai Work From Bali. Kebijakan work from Bali adalah ditetapkan atau dimulai secara bertahap yang mana ini dimulai dari kuartal ketiga pada tahun 2021 ini. Bali akan terus mempersiapkan karena rencana di kuartal ketiga akan diluncurkan secara bertahap. Program work from Bali adalah suatu program dari pemerintah Indonesia untuk membantu sektor pariwisata pulau Dewata yang terdampak pandemi covid 19.

 

Ini sempat disampaikan deputi bidang koordinasi pariwisata dan ekonomi kreatif kementrian koordinator bidang kemaritiman dan investasi bahwa akomodasi di Bali amat memungkinkan, dan banyak sekali tenaga kerja yang ada di Bali menganggur bahkan hingga setahunan lebih. Kesempatan ini merupakan kesempatan brilian sekaligus batu lompatan yang bagus untuk Bali itu sendiri.

 

Program work from Bali

 

Program work from Bali ditargetkan sebagai pertolongan yang pertama untuk sektor pariwisata di kota Bali. Penjelasan lainnya yaitu kunjungan wisatawan Nusantara ke sana turun drastis selama dua Minggu sebelumnya, karena terdapat larangan mudik dan pembatasan pergerakan. Hal ini juga merupakan salah satu dampak dari penyebaran virus Corona atau pandemi covid 19.

 

Menurut data tercatat bahwa jumlah kunjungan wisata di pulau bali mencapai titik terendah. Maka pemerintah berharap adanya peningkatan tingkat keterhunian karena multipliernya amat besar, bukan dari hotelnya atau restoran yang ada di Bali. Namun karena profuk ekonomi kreatif yang terdapat di dalamnya. Maka work from Bali ini merupakan program luar biasa yang diluncurkan oleh pemerintah.

 

Siapa yang bekerja di Work From Bali?

 

Program work from Bali tengah disosialisasikan kepada perusahaan BUMN dan perusahaan rintisan. Meski sebelumnya telah disebutkan bahwa program work from Bali ditunjukkan bagi para ASN, namun ternyata program ini tidak dikhususkan bagi para ASN.

 

Sosialisasi yang dilakukan adalah sosialisasi yang berupa roadshow yang dilakukan pada tanggal 2-4 Juni 2021 secara online dan luring ke kantor tujuh kementeian dan lembaga di bawah koordinasi Kemenko marves, perusahaan BUMN dan perusahaan rintisan.

rumah123.com

Roadshow yang diberitakan tersebut digelar agar teman dari pemerintah provinsi Bali serta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Bali mendapatkan kesempatan emas untuk menjelaskan mekanisme pelaksanan work from Bali lebih detail. Meski ASN disebut dapat mengikuti program terbaru yaitu work from Bali. Namun ternyata tak semua ASN dapat bekerja dari pulau Dewata itu sendiri.

 

Program work from Bali ada hanya untuk ASN yang ada di bawah koordinasi Kemenko marves yaitu dari tujuh kementeian yang mereka komandoi yaitu kemenparekraf dan kementrian kelautan dan perikanan. Pihak berencana akan memulai program work from Bali secara bertahap pada kuartal ketiga tersebut.

 

Tentunya akan menyesuaikan dengan situasi pandemi covid 19 dan masing – masing kementrian atau lembaga. Program work from Bali ini dilakukan di sektor pariwisata di Nusa dua yang telah tersertifikasi. Lantas, mengapa begitu ? Karena prioritas work from Bali sendiri adalah kenyamanan konsumen, keselamatan konsumen, kesehatan pengunjung dan amannya kawasan hotel.

Para pekerja yang bekerja di Work From Bali adalah para pekerja yang telah melakukan vaksinasi covid 19. Di dalam program work from Bali juga terdapat green zone Sanur dan Ubud yaitu indikasi sertifikasi dan vaksinasi yang tidak hanya ada di Nusa dua.

 

Nah, itu yang dapat kami paparkan mengenai penjelasan lengkap tentang Work From Bali. Semoga artikel ini bermanfaat .

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com