Panduan Menanam Seledri Dengan Mudah di Dalam Pot

Fitri Tamara 0

Panduan Menanam Seledri Dengan Mudah di Dalam Pot – Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan seledri, sebab seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan berbagai masakan. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa seledri ternyata sudah lama dikenal sebagai sayuran dan juga obat herbal karena seledri memang memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, tanaman seledri diperkenalkan pada masa kolonial Belanda.

Selain memilki bentuk daun yang sangat khas, seledri juga mudah dikenali akan aromanya yang sedap, aroma dari seledri tersebut berasal dari kandungan minyak atsiri yang mudah menguap. Seperti yang bisa Anda lihat bahwa seledri sangat mudah ditemukan di pasaran di mana Anda bisa membelinya di pasar tradisional hingga supermarket modern. Permintaan terhadap seledri sendiri selalu tinggi di pasaran sehingga membuat banyak orang ingin menanam seledri, pada kesempatan ini akan kami ulas panduan menanam seledri dengan mudah di dalam pot.

pertanian.go.id

Cara Menanam Seledri Menggunakan Pot

  1. Menyiapkan Media Tanam

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan jika ingin menanam seledri adalah menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu, hendaknya Anda menggunakan media yang gembur dan subur. Anda bisa menyiapkan pot berukuran sedang dengan diameter 25 – 35 cm, kemudian Anda bisa mengisi pot tersebut dengan tanah dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

  1. Menyiapkan Bibit Seledri

Hal kedua yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit seledri, Anda tidak perlu khawatir karena bibit tanaman seledri sangatlah mudah untuk didapatkan karena Anda bisa membelinya di pasar. Pilihlah seledri yang masih terdapat akarnya, Anda bisa membersihkan bagian bonggol yang kotor, setelah itu masukkanlah bibit tersebut ke dalam gelas air mineral dengan akar dan bonggol yang terendam air.

  1. Menanam Seledri

Setelah bibit seledri sudah ditumbuhi oleh dua hingga tiga helai daun, maka Anda sudah bisa menanam atau memindahkannya ke dalam pot. Anda harus menyesuaikan kedalaman lubang tanam dengan panjang akar serta ketinggian bibit, lakukanlah pennaman dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya, Anda harus memastikan bahwa bibit ditanam tegak lurus agar tidak mudah roboh.

  1. Perawatan dan Pemeliharaan

Proses perawatan dan pemeliharaan memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman seledri. Sebenarnya perawatan dan pemeliharaan tanaman seledri tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan antara lain melakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan tanaman, selain itu Anda juga perlu melakukan pemupukan ulang dengan pupuk organik.

  1. Masa Panen

Perlu Anda ketahui bahwa tanaman seledri sudah mulai bisa dipanen setelah usianya memasuki 60 hingga 70 hari setelah masa tanam, Anda bisa memanen tanaman seledri yang tingginya telah mencapai 20 hingga 30 cm. Anda bisa memotong bagian batang seledri dan sisakan bagian bonggolnya, sebaiknya proses pemanenan dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari panas matahari.

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam seledri, maka tidak ada salahnya jika Anda mengikuti panduan yang telah diberikan di atas.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com