Migrasi TV Analog Pindah ke TV Digital serta Pilihan Smart TV Box

Fitri Tamara 0

Migrasi TV Analog akan pindah ke TV Digital serta pilihan Smart TV Box. TV Analog akan pindah ke TV Digital secara bertahap, bagaimana prosedur dan langkah-langkah antisipasinya akan dibahas pada kesempatan kali ini. TV lama anda harus ditambah peralatan tambahan agar tetap bisa menerima siaran televisi, atau solusi lainnya adalah dengan membeli baru televisi digital yang sudah otomatis bisa menerima siaran TV Digital. Frekuensi yang sekarang dipakai untuk tv analog sendiri akan dipergunakan bagi pengembangan frekuensi 5G.

Jadwal Shutdown TV Analog per propinsi Tahun 2021

  • Kalimantan Timur 30 Juni 2021
  • DKI Jakarta 2 Nopember 2021

Untuk selanjutnya semua propinsi akan mematikan secara bertahap siaran tv analognya, sehingga pada tanggal 2 Nopember 2022, semua sinyal TV Analog sudah shutdown di Indonesia.

Untuk menangkap siaran TV Digital memerlukan STB TV Digital. Kenapa perlu membeli STB lagi?
karena receiver di TV belum support untuk menangkap sinyal TV Digital yang notabene berbed dengan sinyal TV Analog.

Apakah setiap TV harus memasang STB DIgital?
Jawabannya iya, kecuali TV nya sudah ada internal receiver Digital TV.

Apakah Semua Stasiun TV harus menyediakan layanan TV Digital?
Jawabannya Iya, karena mulai tahun ini layanan TV Analog akan di shutdown oleh pemerintah, dan frekuensi yang dipakai untuk roll out teknologi 5G.

Apakah saya .perlu beli STB TV Digital atau ganti TV?
Kalau memang punya dana lebih, bisa langsung ganti TV yang beresolusi 4K dan Smart TV, karena kedepannya sinyal analog sudah tidak ada. Namun kalau dana terbatas bisa membeli STB TV digital harganya mulai dari 150 ribu.

Apakah saya perlu beli antena luar/ antena dalam yang baru?
Tidak harus, karena antena lama masih bisa dipakai.

Apakah TV Digital ini memerlukan layanan internet/Data?
Tidak, layanan TV Digital ini termasuk FTA Service (Free-to-Air), jadi cukup menggunakan antena luar yang dikombinasikan dengan STB TV Digital. Penggunaan data/internet hanya diperlukan kalau kita menggunakan Smart TV Box yang berbasis android atau IOS (Apple TV).

Smart TV Box ini apa?
Smart TV Box adalah sejenis set top box yang berbasis android atau IOS yang membuat TV biasa bisa memutar layanan berbasis internet seperti Youtube, IPTV bahkan browsing internet di TV. Syarat utama smartbox ini adalah adanya koneksi internet, biasanya berupa wifi atau kabel (RJ45) yang berfungsi menghubungkan Smart TV box ini ke internet.

Saya mau beli Smart TV Box, pilih yang bagaimana?
Untuk pemilihan smart TV Box kita bebas menggunakan merk apa saja baik yang berbasis android ataupun IOS. Hanya saja saran sebaiknya menggunakan yang menggunakan system android karena kemudahan rekayasa serta mudah memperoleh software gratis di Playstore.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com