Alamat Masjid Agung Gresik, Arsitektur Khas Jawa Kearifan Lokal

Fitri Tamara 0

Masjid Agung Gresik ini atau nama lainnya Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik merupakan salah satu ikon kota ini dan menjadi salah satu wisata religi selain fungsi utamanya sebagai tempat beribadah. Masjid megah dengan luas kurang lebih 10.000 meter persegi, dengan kapasitas mampu menampung 5000 jamaah ini memang merupakan bangunan yang istimewa.

Masjid Agung Gresik terdiri dari tiga lantai, dan di lantai dasar terdapat ruangan besar atau aula serba guna yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu untuk kegiatan keagamaan sampai ke resepsi atau upacara pernikahan.

Lantai satu dari masjid digunakan untuk kegiatan ibadah. Warna dari ruangan ini didominasi dengan warna putih di bagian atas, dan warna abu-abu di bagian bawahnya. Deretan pintu kayu yang besar dan kokoh berada di lantai ini dengan hiasan kaigrafi yang indah, beberapa diantaranya dibuka untuk akses jamaah masuk dan keluar dari tempat sholat di lantai satu ini.

Lantai dua berupa mezzanine, digunakan sebagai ruangan tambahan untuk  beribadah, terutama bila di lantai satu sudah penuh, atau untuk jamaah wanita. Pada hari Jumat, digunakan sebagai tambahan bagi jamaah pria karena untuk Sholat Jumat biasanya lebih banyak jamaahnya.

instagram: @gresiknews

Masjid Agung Gresik mempunyai menara yang khas dengan bentuk mengerucut tinggi dan unik. Menara ini terletak di sebelah utara dari bangunan utama masjid. Sedangkan di bagian timur ada dua ruang wudhu besar yang bisa digunakan untuk jamaah berwudhu. Jaraknya terpisah satu sama lainnya, agar jamaah pria dan wanita tidak bertemu.

Yang unik disini juga terdapat sendang Sunan Giri. Kolam air yang sudah ada sejak jaman dulu, dan waktu dulu digunakan untuk memenuhi kebtuhan warga sekitar.

Bangunan utama dari Masjid Agung Gresik berbentuk piramid, seperti banyak dijumpai di Masjid-masjid yang berada di Pulau Jawa, corak arsitek yang memadukan dengan gaya bangunan lokal. Atapnya bergaya arsitektur bertingkat-tingkat, selaras dengan ukuran bangunan yang cukup besar. Dengan arsitektur semacam itu, tampak Masjid ini berdiri dengan megahnya dengan membawa arsitektur bergaya lokal dan mempunyai ciri khas daerah yang cukup  kental.

Masjid Agung Gresik juga mempunyai serambi berbentuk persegi panjang. Kemudian mihrabnya terbuat dari marmer dan di sisi-sisinya terdapat ukiran kaligrafi, serta ada mimbar tiga tingkat sebagai tempat untuk menyampaikan khutbah.

Masjid juga dihiasi dengan berbagai ornamen lampu yang indah, baik lampu gantung di tengah bangunan utama mengadaptasi seni damar kurung arsitektur khas Gresik. Selain itu juga ada lampu duduk yang ditempatkan di dinding bangunan.

Seperti ciri khas masjid di Jawa, di Masjid Agung Gresik ini juga terdapat Bedug besar, yang ditempatkan di sebelah kanan pintu masuk.

Suasana di dalam masijd terasa nyaman karena didalam terpasang AC serta kipas angin2 berukuran besar yang membuat hawa didalam tetap sejuk.

Alamat Masjid Agung Gresik

Bagi yang ingin mengetahui lokasi ataupun yang ingin berkunjung ke sini bisa menuju ke alamat lengkap nya berikut ini:

Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik
Alamat: Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo, Klangonan, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lokasinya berada di pinggir jalan besar, sehingga mudah untuk diakses.

Tempat parkir di lokasi masjid ini sangat luas, mampu menampung banyak kendaraan dari roda dua maupun roda empat. Bahkan bis-bis untuk rombongan besar dengan leluasa bisa masuk kesini.

Baca Juga:

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com