Jenis – Jenis Ukuran Kertas yang Perlu Anda Ketahui

Fitri Tamara 0

Kertas menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan sehari – hari ini. Misalkan kita akan mencatat sesuatu menggunakan buku yang berbahan kertas, pembungkus makanan juga menggunakan kertas. Bahkan membaca koran juga bahannya dari kertas.

Maka dari itu, sudah terbukti bahwa kertas memang menjadi salah satu aspek penting sekarang. Dalam hal ini ada beberapa jenis kertas yang perlu Anda ketahui. Adapun jenis – jenisnya adalah sebagai berikut :

foto: hawiki.info

Apa Saja Jenis Ukuran Kertas ?

 

  1. Kertas Seri A

Ukuran kertas yang pertama ini adalah kertas seri A. Merupakan sebuah kertas dengan kualitas standar internasional, ISO 216 menurut standar dari negara Jerman DIN 479. Umumnya digunakan untuk jenis-jenis percetakan umum, kantor, pendidikan dan juga di suatu penerbitan. Dilengkapi juga dengan perbandingan kertas dengan ukuran standar ISO sekitar 1:1, 4142.

Untuk ukuran terbesarnya sendiri adalah sekitar A0. Kemudian ada juga ukuran setengah dari A0. Biasanya ukuran yang lebih sering dipakai adalah ukuran A4. Ini dijadikan sebagai ukuran paling standar bagi semua itu. Itu tentu membuatnya semakin banyak digemari oleh berbagai macam kalangan.

  1. Kertas Seri B

Jenis ukuran kertas berikutnya adalah seri B. Umumnya dipakai untuk melakukan pencetakan poster besar dan juga media lukis dinding. Kelebihannya sangat banyak dan membuatnya disukai sebagian besar orang. Apalagi ukurannya juga cukup besar dan sangat cocok dijadikan sebagai poster atau tempat Anda melukis.

Tentu semua orang memang sangat menyukai hal tersebut. Untuk jenis kertas ini sendiri terbagi dalam beberapa bagian. Ada kertas C0, C1, C2, C3, C4, C5, C6, C7 dan juga C8. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

  1. Kertas Seri R

Untuk kertas berikutnya ini adalah seri R. Biasanya digunakan untuk mencetak foto dengan berbagai ukuran. Biasanya saat seseorang akan mencetak fotonya, pasti akan ditanyai mengenai ukuran cetaknya nanti. Karena memang tersedia banyak variasi ukuran.

Misalkan kertas 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R, 8R+, 10R, 10R+, 11R, 12R dan 12R+. Umumnya ukuran yan digunakan oleh orang-orang adalah 3R dan 4R. Untuk jenis kertas yang akan digunakan biasanya berjenis kertas glossy, canvas, inkjet dan juga matte.

  1. Kertas Seri F

Berikutnya ada juga kertas dengan seri F. Kertas jenis ini hanya mempunyai satu jenis seri saja. Seri itu adalah F4 yang umumnya orang menyebutnya sebagai kertas HVS atau Folio. Untuk ukurannya sendiri yakni sekitar 21×33 cm per lembarnya.

Biasanya kertas jenis ini digunakan untuk fotocopy atau print out file seseorang. Karena ukurannya yang cukup besar dan juga berwarna dasar putih saja. Maka dari itu, ada banyak orang menyukainya dan menjadikannya sebagai salah satu kebutuhan.

  1. Kertas untuk Pas Foto

Pas foto yakni ukuran kertas yang lazim digunakan untuk melakukan pencetakan foto. Utamanya untuk kebutuhan-kebutuhan formal saja. Misalkan pada berkas lamaran kerja, ijazah dan berbagai macam dokumen-dokumen penting lainnya.

Biasanya pas foto satu ini dibuat dan dicetak memakai gaya formal. Dengan ciri khas latar belakangnya yang berwarna biru atau merah. Ada cukup banyak ukuran pas foto ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai jenis-jenis ukuran kertas. Terdapat lima jenis ukuran kertas yang ada sekarang ini. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan salah satunya untuk kebutuhan-kebutuhan Anda.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com