Inilah Cara untuk Mengatasi Play Store yang Tidak Dapat Dibuka

Fitri Tamara 0

Google Play Store adalah platform yang menjadi basis atau sumber untuk mencari dan mengunduh aplikasi untuk perangkat android yang secara resmi dikembangkan oleh Google. Para pengguna dapat menemukan aplikasi yang mereka inginkan hanya dengan memasukkan kata kunci pada menu pencarian.

Selain dengan memasukkan suatu kata yang menjadi kata kunci, dapat juga dengan mencari aplikasi yang diinginkan sesuai kategori aplikasinya. Kedua cara tersebut dapat memudahkan para pengguna dalam pencarian karena di Google Play Store terdapat berbagai macam aplikasi, buku, dan film.

Seperti halnya aplikasi-aplikasi lain yang terkadang mengalami masalah, Google Play Store juga dapat mengalami masalah, contohnya saja stoped working atau tidak dapat dibuka. Sementara untuk beberapa penyebab Play Store tidak dapat dibuka, antara lain  :

  1. Ruang penyimpanan

Jika ruang penyimpanan ponsel Anda penuh, proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi akan terhenti. Jika ruang penyimpanan perangkat Anda hampir penuh, nanti notifikasi tentang ruang penyimpanan akan muncul.

  1. Pemasangan kartu SD

Pemasangan kartu SD yang salah juga dapat menimbulkan masalah. Saran kami keluarkan kartu SD tersebut dari ponsel Anda lalu pasang kembali. Pastikan Anda memasangnya dengan posisi yang benar.

  1. Masih menggunakan sistem android lama

Jika ponsel Anda masih menggunakan Android 2.2 yang mana versi android tersebut adalah versi lama android atau bahkan versi android yang lebih lama, maka Google Play Store mungkin tidak dapat berfungsi seperti semestinya.

Pada dasarnya permasalahan Play Store yang tidak dapat dibuka dapat diatasi dengan cara yang sama, tidak mempermasalahkan apa merk perangkat android apa yang Anda gunakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka ?

 

Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah Play Store yang tidak dapat dibuka.

Menghapus cache dan data Play Store

  1. Buka pengaturan pada ponsel Anda
  2. Pilih Aplikasi dan Notifikasi, lalu klik Lihat semua aplikasi
  3. Pilih Google Play Store
  4. Selanjutnya klik Penyimpanan, pilih Hapus Cache
  5. Lalu hapus data dan mulai ulang dengan mengunduhnya kembali

Restart ponsel

Jika setelah menghapus cache dan data play store tetapi Anda tidak dapat mendownloadnya kembali, maka lakukan pengulangan kembali/restart pada ponsel Anda.

  1. Tekan tahan tombol daya hingga muncul pop up
  2. Pilih mulai ulang dan tunggu hingga ponsel Anda menyala kembali atau bisa juga jika anda memilih opsi matikan daya, maka selanjutnya
  3. Tekan tahan tombol daya hingga ponsel anda menyala kembali

Lakukan update sistem android

Jika ponsel Anda masih menggunakan Android 2.2 atau bahkan versi android yang lebih lama, maka Google Play Store mungkin tidak dapat berfungsi seperti semestinya. Pembaharuan sistem android menjadi versi android yang terbaru adalah solusinya. Cara untuk memeriksa sekaligus memperbarui sistem android adalah:

  1. Buka aplikasi pengaturan
  2. Klik pada menu sistem, lalu pilih lanjutan
  3. Masuk pada menu update sistem, periksa versi android ponsel Anda
  4. Lakukan update jika diperlukan

Hapus dan tambahkan kembali akun Anda

Proses penghapusan akun:

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih akun
  3. Pilih akun yang ingin dihapus, klik hapus

Lalu tambahkan kembali akun Anda, dengan cara:

  1. Buka pengaturan
  2. Ketuk akun, pilih tambahkan akun, pilih aplikasi Google
  3. Ikuti alur untuk menambahkan akun
  4. Buka aplikasi Play Store
  5. Klik menu (ikon garis tiga)
  6. Cari akun yang Anda gunakan pada pilihan akun dengan memencet ikon panah. Lalu pilih akun Anda.
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com